Jumat 12 Jan 2024 14:51 WIB

SM Entertainment Dikecam karena Paksa Haechan NCT Akhiri Hiatus Lebih Awal 

Penggemar menuduh SM memaksa sang idola untuk mengakhiri masa hiatusnya lebih awal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Haechan anggota NCT 127. Penggemar menuduh SM memaksa sang idola untuk mengakhiri masa hiatusnya lebih awal.
Foto: Koreaboo
Haechan anggota NCT 127. Penggemar menuduh SM memaksa sang idola untuk mengakhiri masa hiatusnya lebih awal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Haechan adalah salah satu anggota grup NCT yang paling sibuk, karena dia aktif di NCT DREAM dan NCT 127. Kedua grup tersebut sering kali memiliki jadwal yang berdekatan, sehingga dia dan Mark terus bekerja. 

Tahun lalu, Haechan diumumkan menderita jantung berdebar-debar, rasa tidak nyaman, dan banyak lagi. Pria bernama asli Lee Dong-hyuck ini kemudian ditempatkan pada masa hiatus selama tur The Link Amerika Utara dan Latin NCT 127. Dia kembali ke aktivitas menjelang comeback NCT 127 pada 30 Januari. 

Baca Juga

Hampir tepat satu tahun kemudian, Haechan pertama kali diumumkan untuk melewatkan 7 Januari dari tanggal NCT 127 di Nagoya sebelum hiatus penuh diumumkan karena dia menderita radang amandel. Waktu pemulihan radang amandel bisa memakan waktu hingga sepekan, dan banyak yang berasumsi bahwa Haechan akan hiatus setidaknya dua kali lipat dari waktu tersebut untuk pulih sepenuhnya. 

Pesan yang dikirimkan Haechan melalui Bubble pada 7 Januari lalu seakan membenarkan pemikiran tersebut saat dia menjelaskan betapa sedih perasaannya.

“Aku sangat kecewa, aku minta maaf,” ujar Haechan melalui Bubble, dilansir Koreaboo, Jumat (12/1/2024). 

Pria kelahiran tahun 2000 ini lalu mengatakan demamnya naik hingga 39 derajat saat pagi hari, jadi dia tidak punya pilihan selain istirahat. 

“Aku tahu aku mengatakan aku tidak akan sakit lagi. Aku sangat menyesal karena aku tidak bisa menepati janji itu…,” kata dia. “Tapi aku akan sembuh secepatnya. Aku berjanji untuk meminum obat, makan dengan baik, dan segera pulih!” 

Pada 9 Januari, Haechan menyampaikan bahwa dia merasa jauh lebih baik setelah merasakan sakit bahkan saat minum air ketika SM Entertainment mengumumkan bahwa pelantun lagu “Fact Check’ ini akan hiatus dengan partisipasinya di masa depan dalam jadwal tergantung pada pemulihannya. 

“Aku pikir aku sudah setengah jalan menuju ke sana. Sebelumnya, meminum air saja terasa menyakitkan. Tapi kemarin, sesampainya di Korea, aku mendapat suntikan dan meminum obat tepat waktu,” ujarnya. 

Menurut Haechan, ibunya pada dasarnya memaksa dia memakan semua makanannya. Minum banyak air dan banyak tidur juga membantu. 

“Aku menjadi lebih baik, pastinya. Aku minta maaf karena membuat kalian semua menunggu, dan aku berjanji akan melakukan pemulihan penuh secepatnya sehingga saya dapat melihat kalian semua!” kata dia. 

Tentu saja, para penggemar senang mendengar sang idola sedang dalam proses pemulihan tetapi terkejut melihatnya di bandara pada 11 Januari bersama anggota NCT 127 lainnya lebih cepat dari jadwal-jadwal mereka di Jakarta. 

Meskipun Haechan mungkin memilih untuk kembali ke jadwalnya sendiri, para penggemar menuduh SM memaksa sang idola untuk mengakhiri masa hiatusnya lebih awal dari yang seharusnya dan mengkhawatirkan kesehatannya. 

Salah satu penggemarnya menulis di media sosial X (sebelumnya Twitter) pada Kamis (11/1/2024). 

“Dalam kurun waktu kurang dari sepekan Haechan sakit parah, terbang pulang ke rumah, hiatus selama sehari, dan sekarang terbang kembali untuk jadwal… oh perusahaan ini perlu DIBAKAR,” tulis akun  @xxirxnhae. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement