Rabu 03 Jan 2024 16:46 WIB

Box Office 2023: Universal Tumbangkan Dominasi Bertahun-tahun Disney

24 film yang dirilis Universal hasilkan 4,91 miliar dolar AS dari penjualan tiket.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. 24 film yang dirilis Universal pada 2023 hasilkan 4,91 miliar dolar AS dari penjualan tiket.
Foto:

Di sisi lain, sejak 2016 hingga 2022, Disney menempati posisi pertama dalam pangsa pasar global. Studio hanya kalah dalam persaingan domestik dari Sony pada tahun 2020, tahun runtuhnya box office akibat Covid-19. Universal belum menduduki peringkat pertama di seluruh dunia sejak tahun 2015, ketika pendapatan studio tersebut mencapai rekor 6,9 miliar dolar AS.

Menyerahkan mahkota kepada Universal merupakan tahun yang sangat sulit bagi Disney, di mana Marvel Studios dan studio animasi perusahaan mengalami kesulitan besar. Dalam beberapa pekan terakhir ketika The Marvels dan Wish gagal dalam penayangan box office mereka, CEO Disney Bob Iger tidak berusaha mengabaikan kesalahan langkah tersebut.

“Kami kehilangan fokus,” kata eksekutif tersebut pada laporan pendapatan 8 November.

Dia berjanji kepada investor bahwa perusahaan berupaya untuk mengutamakan kualitas dari kuantitas. Kepala distribusi global Disney Tony Chambers mengatakan Disney tetap menempati peringkat sebagai salah satu dari dua studio teratas selama sembilan tahun terakhir.

"Ini termasuk tujuh tahun di peringkat No 1 dan menjadi studio yang sangat kami banggakan,” kata dia.

Disney merilis empat dari 10 film terlaris secara global pada tahun 2023, terbanyak dibandingkan studio mana pun. Itu seperti Guardian Galaxy Vol. 3, The Little Mermaid, Elemental dan Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Di dalam negeri, Disney mengklaim tiga dari 10 film teratas, juga terbanyak dibandingkan studio mana pun lewat Guardian Galaxy Vol. 3, The Little Mermaid dan Ant-Man.

Warner Bros yang memproduksi Barbie dengan pendapatan tertinggi tahun ini meraih penjualan tiket di seluruh dunia sebesar 1,44 miliar dolar AS. Studi menduduki peringkat ketiha dalam pangsa pasar global dengan 3,84 miliar, termasuk 1,43 miliar di dalam negeri dan 2,4 miliar dolar AS di luar negeri.

Sony berada di posisi keempat dengan 2,09 miliar dolar AS secara global, termasuk perkiraan awal di dalam negeri sebesar 1,01 miliar dan 1,08 di dolar AS luar negeri. Pendapatan global Paramount mencapai 2,03 miliar dolar AS pada tahun 2023, termasuk 842 juta dolar AS di dalam negeri dan 1,18 miliar dolar AS di luar negeri. 

Sejak 2016 hingga 2022, Disney menempati....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement