Rabu 03 Jan 2024 16:46 WIB

Box Office 2023: Universal Tumbangkan Dominasi Bertahun-tahun Disney

24 film yang dirilis Universal hasilkan 4,91 miliar dolar AS dari penjualan tiket.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. 24 film yang dirilis Universal pada 2023 hasilkan 4,91 miliar dolar AS dari penjualan tiket.
Foto: Dok Universal Pictures
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. 24 film yang dirilis Universal pada 2023 hasilkan 4,91 miliar dolar AS dari penjualan tiket.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rilisan Universal menghasilkan sekitar 4,91 miliar dolar AS dalam penjualan tiket film di box office global, dibandingkan dengan 4,82 miliar dolar AS untuk Disney. Pencapaian film Universal mengalami kemajuan besar setelah menduduki peringkat pertama dalam pangsa pasar di box office global pada tahun 2023. Hal itu menjadi suatu prestasi yang belum pernah dicapai oleh studio mana pun sejak Disney mendominasi pada tahun 2016.

Sebanyak 24 film yang dirilis oleh Universal menghasilkan sekitar 4,91 miliar dolar AS dalam penjualan tiket di seluruh dunia. Ini dibandingkan dengan perkiraan 4,83 miliar dolar AS dari 17 judul yang dirilis Disney dalam persaingan yang relatif ketat, baik di Amerika Utara maupun di box office luar negeri. 

Baca Juga

Total pendapatan Universal mencakup pendapatan domestik sebesar 1,94 miliar dolar AS, sedangkan pendapatan domestik Disney hanya 1,9 miliar dolar AS.  Secara internasional, Universal menang dengan 2,97 miliar dolar AS. Pendapatan luar negeri Disney adalah 2,92 miliar dolar AS.

Peralihan kepemimpinan merupakan kemenangan besar bagi Donna Langley, yang merupakan ketua NBCUniversal Studio Group dan chief content officer. Dia dikenal karena kedekatannya dengan pembuat film papan atas.

 

Hal itu termasuk kedekatan dengan sutradara Christopher Nolan setelah beralih dari Warner Bros. Film Oppenheimer dengan rating R arahan Nolan memimpin film-film terlaris Universal pada tahun 2023 dengan penjualan tiket global yang mencengangkan sebesar 952 juta dolar AS.

Itu menjadi rekor untuk sebuah drama biografi dan penampilan terbaik Nolan di luar dua film Dark Knight-nya, dengan catatan tidak disesuaikan dengan inflasi. Universal tampaknya telah menemukan keseimbangan sempurna antara film waralaba, animasi, horor, dan lainnya.

"Dan aset-aset ini diberikan segala kemungkinan keuntungan dengan strategi sempurna yang menggabungkan hubungan pembuat film yang hebat, pemasaran yang fantastis, dan rencana distribusi yang solid,” kata kepala analis box office Comscore, Paul Dergarabedian, seperti dilansir dari Hollywood Reporter, Rabu (3/1/2024).

Daftar Universal mencakup judul-judul dari Universal Pictures, divisi khusus Focus Features, Illumination, dan DreamWorks Animation. Illumination adalah rumah bagi Super Mario, yang menghasilkan 1,36 miliar dolar AS secara global (peringkat No 2 untuk tahun ini di belakang Barbie milik Warners).

Film ini memecahkan banyak rekor, termasuk menjadi film animasi No. 2 sepanjang masa setelah Disney’s Frozen. Selain itu, Fast X tahun 2023 menghasilkan 704,9 juta dolar AS pendapatan kotor box office yang menjadikan Universal memiliki tiga dari lima film terlaris tahun ini secara global.

Langley, yang juga dekat dengan CEO Blumhouse Jason Blum, selalu menekankan pada beragam film, selain harga waralaba. Five Nights at Freddy karya Blumhouse menghasilkan 290,9 juta dolar AS dibandingkan anggaran yang hanya 20 juta dolar AS.

Menurut Presiden distribusi domestik Universal Pictures, Jim Orr, Universal meraih kesuksesan di box office dengan film-film eklektik di 2023. Daftarnya menampilkan film laris seperti Oppenheimer karya Christopher Nolan dan The Super Mario Bros Movie yang memecahkan rekor dari Illumination, film horor terkenal termasuk Blumhouse, M3GAN, komedi, drama, dan film keluarga dari dua nama besar dalam animasi, Illumination dan DreamWorks Animation.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement