Senin 01 Jan 2024 19:36 WIB

Mickey Mouse Masuk Domain Publik pada 2024, Desainnya Bebas Dipakai Semua Orang?

Disney 'kehilangan' desain awal Mickey Mouse versi Steamboat Willie.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Mickey Mouse karya Steamboat Willie. Mickey Mouse versi tersebut masuk domain publik pada 2024.
Foto: Dok. Steamboat Willie/Disney
Mickey Mouse karya Steamboat Willie. Mickey Mouse versi tersebut masuk domain publik pada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setiap tahun, sejumlah karya yang mengandung hak cipta dan kekayaan intelektual atau intellectual property (IP) baru telah berubah menjadi domain publik. Hal ini membuat karya tersebut dapat digunakan oleh siapa saja. Namun lebih dari biasanya, tahun ini mencakup beberapa karakter paling terkenal dalam sejarah, termasuk Mickey Mouse.

Dengan Mickey yang masuk ke domain publik, Disney akan kehilangan sedikit kendali gambar yang sangat penting, namun hanya versi paling awal dari maskot tikus itu yang menjadi domain publik. Menurut undang-undang hak cipta Amerika Serikat, karya yang pertama kali dirilis pada 1928 itu akan masuk domain publik pada tahun ini. 

Baca Juga

Melansir Polygon, berikut ini adalah hal-hal penting dari kelas domain publik tahun 2024, dan beberapa tambahan menarik lainnya:

1. Mickey dan Minnie Mouse

Maskot Disney akhirnya masuk ke domain publik dengan peringatan 76 tahun kemunculan pertama karya Steamboat Willie, Mickey dan Minnie. Setelah beberapa dekade undang-undang perpanjangan hak cipta (yang dilobi oleh Disney sendiri), hak cipta atas kemunculan awal Mickey Mouse habis masa berlakunya pada 2024, artinya siapa pun dapat menggunakan Mickey dalam karya kreatif mereka.

Meskipun berakhirnya masa berlaku hak cipta merupakan berita besar, hal ini tidak memberikan kebebasan penuh kepada masyarakat. Versi karakter yang masuk ke domain publik hanya versi dari Steamboat Willie. 

 2. Tigger 

Meskipun Winnie the Pooh masuk ke domain publik beberapa tahun yang lalu, belum semua temannya di Hutan Acre diberlakukan demikian. Tapi sekarang "The House at Pooh Corner" (yang sejujurnya terdengar seperti judul horor) memasuki domain publik, begitu pula Tigger, salah satu karakter paling terkenal yang diperkenalkan di dalamnya.

Di antara karya-karya populer namun kurang terkenal yang memasuki domain publik di Amerika Serikat pada 2024 adalah beberapa film dan buku, seperti film The Passion of Joan of Arc disutradarai oleh Carl Theodor Dreyer, "Dark Princess" oleh W.E.B. Du Bois, "Lady Chatterley’s Lover" oleh D.H. Lawrence, "Orlando: A Biography" oleh Virginia Woolf.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement