Jumat 29 Dec 2023 07:00 WIB

10 Artis Dunia yang Meninggal pada 2023, Termasuk Sinead O'Connor Hingga Matthew Perry

Sepanjang 2023, dunia hiburan kehilangan sejumlah penyanyi-aktor berbakat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi asal Irlandia Sinead O Connor. Terkenal dengan single Nothing Compares 2 U, O Connor meninggal pada 26 Juli 2023.
Foto:

6. Harry Belafonte

Harry Belafonte yang terkenal aktor dan penyanyi inovatif sekaligus aktivis kemanusiaan meninggal di usia 96 tahun pada 25 April 2023. Belafonte meninggal karena gagal jantung kongestif di rumahnya di New York.

photo
Penyanyi, aktor, dan aktivis asal AS, Harry Belafonte, tersenyum menjelang upacara penganugerahan penghargaan Locarno Film Festival di Locarno, Swiss, 6 August 2012 (dirilis ulang 25 April 2023). Harry Belafonte meninggal dalam usia 96 pada 25 April 2023. - (EPA-EFE/URS FLUEELER)

Dengan wajahnya yang bersinar, tampan, dan suaranya yang halus, Belafonte termasuk salah satu artis kulit hitam pertama yang mendapatkan banyak pengikut di film dan menjual satu juta rekaman sebagai penyanyi. Masih banyak yang masih mengenalnya sebagai pelantun lagu hit "Banana Boat Song (Day-O)", dan panggilannya "Day-O! Daaaaay-O".

 

7. David Crosby

photo
David Crosby, penyanyi-penulis lagu yang ikut mendirikan The Byrds dan Crosby, Stills & Nash, meninggal dunia pada usia 81 tahun. - (EPA-EFE/ETIENNE LAURENT)

David Crosby meninggal setelah tertular Covid-19 untuk kedua kalinya, menurut keterangan sahabat dan mantan rekan satu bandnya, Graham Nash. Crosby meninggal dalam usia 81 tahun pada Januari 2023 setelah "sakit yang berkepanjangan". Nash pernah berbicara di siniar "Kyle Meredith With…" mengenai kematian Crosby.

"Dia sedang berlatih untuk pertunjukan di Los Angeles dengan band lengkap," kata Nash.

Setelah tiga hari latihan, Crosby merasa sedikit mual. Mendiang sudah terjangkit Covid-19 dan kembali tertular untuk kedua kalinya.

"Dia kemudian pulang ke rumah dan memutuskan untuk tidur siang, dan dia tidak pernah bangun. Tapi dia meninggal di tempat tidurnya dan itu luar biasa," ujar Nash.

8. Coco Lee

photo
Penyanyi CoCo Lee meninggal dunia pada Rabu (5/7/2023) dalam usia 48 tahun. - (AP Photo/Billy Dai, File)

Coco Lee terkenal sebagai penyanyi dan penulis lagu China-Amerika yang membawakan lagu nominasi Oscar dalam film hit Crouching Tiger, Hidden Dragon. Lee meninggal pada 5 Juli 2023 di sebuah rumah sakit di Hong Kong.

Saat itu, Lee berusia 48 tahun. Penyebabnya karena bunuh diri, menurut pernyataan saudara perempuannya, Carol dan Nancy Lee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement