Jumat 01 Dec 2023 22:39 WIB

Pentolan Band The Pogues Shane MacGowan Meninggal Dunia

Shane MacGowan meninggal pada usia 65 tahun.

Rep: Desy Sulawati/ Red: Qommarria Rostanti
Penulis lagu sekaligus pentolan band Pogues asal Irlandia, Shane MacGowan, meninggal dunia pada Kamis (30/11/2023).
Foto: Dok. Instagram/@thepoguesofficial
Penulis lagu sekaligus pentolan band Pogues asal Irlandia, Shane MacGowan, meninggal dunia pada Kamis (30/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis lagu sekaligus pentolan band Pogues asal Irlandia, Shane MacGowan, meninggal dunia pada Kamis (30/11/2023). Dia sempat menghidupkan kembali minat terhadap musik Irlandia pasa 1980-an dengan memanfaatkan kekuatan pendorong punk rock.

MacGowan meninggal pada usia 65 tahun. Istri MacGowan, Victoria Mary Clarke, mengatakan penyebabnya adalah pneumonia namun tidak menyebutkan di mana dia meninggal.

MacGowan muncul dari kancah punk London pada akhir 1970-an dan menghabiskan sembilan tahun yang penuh gejolak dengan inkarnasi awal Pogues. Berasal dari pub-pub di London Utara, band ini tampil di stadion pada akhir 1980-an, sebelum masalah narkoba dan alkohol.

MacGowan mengalami kemunduran mental dan fisik, hal ini memaksa band tersebut memecatnya. Dia kemudian mendirikan Shane MacGowan & The Popes, dan melakukan tur pada tahun 1990-an.

Dalam perjalanannya, MacGowan mendapatkan reputasi ganda sebagai kepribadian yang sangat merusak dan ahli membuat lagu yang liriknya melukiskan potret yang jelas tentang inti kehidupan imigran Irlandia. Yang paling terkenal adalah kalimat pembuka dari hit terbesarnya, berjudul “Fairytale of New York”.

“Saya pandai menulis,” kata MacGowan kepada Richard Balls, yang menulis biografi resminya, A Furious Devotion (2021). 

“Saya bisa menulis, saya bisa mengeja, saya bisa membuatnya mengalir, dan ketika saya memadukannya dengan musik, itu sempurna," kata dia.

Shane Patrick Lysaght MacGowan lahir pada Hari Natal 1957, di sebuah rumah sakit dekat kota Tunbridge Wells, Kent, Inggris. Ayahnya, Maurice, seorang warga Dublin, bekerja di jaringan pengecer pakaian. Ibunya, Therese, mantan sekretaris dan model, berasal dari pedesaan Tipperary.

MacGowan menghabiskan tahun-tahun awalnya di pinggiran kota kelas menengah Tunbridge Wells, tenggara London, meskipun keluarganya secara teratur kembali ke Irlandia untuk berkunjung. Orang tuanya mempunyai harapan yang tinggi terhadap putra mereka yang menyukai sastra, yang ketika masih kecil telah membaca Joyce dan Dostoyevsky. Namun MacGowan menghabiskan musim panasnya jauh dari pusat pemerintahan Inggris ini, tinggal selama berminggu-minggu bersama kerabatnya di Commons, wisma pedesaan milik keluarga ibunya di dekat Nenagh, di County Tipperary.

“Saya akan ditempatkan di meja sejak awal yang saya ingat dan disuruh menyanyikan lagu apa yang saya tahu.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement