Kamis 07 Dec 2023 00:20 WIB

Tanpa Obat, Empat Trik Ini Lancarkan Napas Ketika Hidung Tersumbat

Keluhan hidung tersumbat bisa dipicu oleh beragam penyebab.

Rep: Adysha Citra Rahmadani/ Red: Reiny Dwinanda
Semprotan hidung (ilustrasi). Obat tak selalu diperlukan untuk melegakan hidung tersumbat.
Foto:

Senandung

Bersenandung ternyata juga bisa membantu melegakan hidung yang tersumbat. Hal ini bisa terjadi karena bersenandung dapat meningkatkan muatan nitric oxide di dalam rongga sinus hingga 15-20 kali lipat. Seperti diketahui, nitric oxide memiliki efek antivirus, antibakteri, dan antijamur.

"Dalam sebuah laporan kasus yang telah dipublikasikan, seorang pria dengan sinusitis kronis yang bersenandung dengan nada rendah (18 senandung per menit) selama satu jam, bangun di keesokan paginya dengan hidung yang tak tersumbat untuk pertama kali setelah berbulan-bulan (terkena sinusitis)," ujar dr Lee.

Tim peneliti dalam studi merekomendasikan orang-orang yang mengalami hidung tersumbat untuk bersenandung selama satu jam, maksimal empat kali per hari. Akan tetapi, mereka tidak memberikan rekomendasi lagu yang bisa disenandungkan.

Seruput Teh

Menyeruput teh jahe panas bisa membantu meringankan gejala pilek dan flu, seperti hidung tersumbat. Alasannya, teh jahe dapat membantu menenangkan peradangan yang terjadi di dalam hidung. Peradangan yang lebih terkendali dapat membantu penderita pilek atau flu bernapas dengan lebih mudah.

Selain itu, jahe diketahui memiliki efek antihistamin pada orang-orang dengan rhinitis alergi. Jahe juga dapat menghambat sitokin atau molekul pensinyalan sel yang terlibat terjadinya respons peradangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement