Jumat 10 Nov 2023 18:28 WIB

Tips Cepat Pulihkan Diri dari Flu, Diklaim Sembuh dalam 24 Jam

Para pakar membagikan empat cara cepat memulihkan diri dari flu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Flu (ilustrasi). Para pakar membagikan empat cara cepat memulihkan diri dari flu. Bahkan, efeknya bisa terlihat hanya dalam 24 jam.
Foto: Republika/Mardiah
Flu (ilustrasi). Para pakar membagikan empat cara cepat memulihkan diri dari flu. Bahkan, efeknya bisa terlihat hanya dalam 24 jam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terserang flu bisa membuat siapa saja merasa tidak nyaman. Para pakar membagikan empat cara cepat memulihkan diri dari flu. Bahkan, efeknya bisa terlihat hanya dalam 24 jam.

Secara umum, banyak istirahat dan tetap terhidrasi adalah dua cara terbaik yang terbukti agar seseorang bisa kembali sehat 100 persen. Selain itu, berikut empat cara yang bisa dicoba, dikutip dari laman Daily Mail, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat menghilangkan rasa sakit dan nyeri, efek samping kurang menyenangkan dari flu. Menjaga agar tubuh tetap hangat juga dapat membantu mengurangi gejala flu lainnya.

 

Uap saat mandi air hangat juga dapat melegakan hidung tersumbat dan mengencerkan lendir sehingga mengalir lebih mudah. "Jika kedinginan dan perlu menaikkan suhu tubuh, mandi air hangat adalah salah satu cara untuk melakukannya," ujar Simon Clarke, pakar penyakit menular di University of Reading, Inggris.

2. Berjalan santai

Saran ini memang terdengar aneh, sebab saat flu seseorang hanya ingin berbaring dan enggan bergerak. Apalagi, pergi ke luar rumah dan berisiko menghadapi udara dingin. Namun, ini baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Clarke menjelaskan, berjalan santai dan menghirup udara segar baik untuk lekas membuat tubuh pulih dari flu. Tentunya, ingatlah untuk berpakaian dengan busana hangat dan hindari kontak dengan orang lain.

3. Makan hidangan hangat berkuah dan pedas

Menyantap hidangan berkuah yang hangat dan agak pedas, seperti kari, bisa membantu melegakan saluran pernapasan. Pakar menyarankan membuat hidangan itu dengan racikan rempah-rempah.

Pengujian yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Cardiff menemukan bahwa hidangan pedas membantu mengeluarkan air liur. Efek lainnya yakni mengurangi gejala batuk dan sakit tenggorokan.

Dianjurkan menggunakan bahan-bahan seperti bawang putih dan jahe. Selain memberi cita rasa khas, itu membuat hidangan kaya akan seng, yang dapat membantu melawan rhinovirus yang menyebabkan flu.

4. Minum minuman hangat

Profesor Ron Eccles dari Common Cold Centre pernah mempelajari efek konsumsi minuman panas yang melegakan hidung tersumbat. Studi pada 2008 itu telah diterbitkan dalam jurnal Rhinology.

Eccles dan timnya menemukan bahwa minuman panas dapat meredakan pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan secara instan. Mereka menjalankan uji klinis yang menguji teori minuman panas berbahan buah blackcurrant.

Akan tetapi, minuman lainnya disebut Eccles punya efek sama, termasuk teh hangat. "Minuman hangat apa pun yang lezat akan meringankan sebagian besar gejala flu biasa, terutama sakit tenggorokan dan batuk," kata Eccles.

 

 

 

Sumber: https://www.dailymail.co.uk/health/article-11553491/How-rid-cold-fast-24-hours.html

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement