Selasa 28 Nov 2023 15:27 WIB

Cari Manga Jepang? Manga Terlaris 2023 Ini Bisa Jadi Rekomendasi

Serial Blue Lock menjadi manga dengan penjualan tertinggi pada 2023 ini.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Friska Yolandha
Manga Blue Lock
Foto: Manga News
Manga Blue Lock

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Industri manga Jepang terus berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dengan hampir berakhirnya tahun 2023, di November ini banyak industri manga Jepang tengah menghitung kesuksesannya.

Beberapa serial menjadi teratas dengan tingkat penjualan yang tinggi di dunia, tidak hanya di Jepang. Bahkan, Oricon baru saja membeberkan penjualan manga Jepang terlaris (top selling manga) selama hampir enam bulan pertama 2023 ini.

Baca Juga

Perusahaan Jepang ini memberikan data statistik dan informasi terkait dengan manga dengan penjualan tertinggi selama 2023. Beberapa serial yang muncul dalam daftar yang dirilis Oricon, juga masuk dalam top selling manga di 2022 lalu.

Seperti One Piece, Chainsaw Man, hingga Jujutsu Kaisen yang masih bertengger di 10 besar top selling manga. Selain itu, ada sejumlah serial yang sebelumnya tidak masuk top selling, namun di 2023 ini menduduki peringkat teratas.

 

Di 2023 ini, berdasarkan data Oricon menunjukkan bahwa serial Blue Lock menjadi manga dengan penjualan tertinggi di 2023 ini. Serial tersebut tercatat terjual hampir 11 juta kopi selama periode November 2022 hingga November 2023 di seluruh dunia.

Serial ini menjadi sorotan karena ajang Piala Dunia 2022, sehingga membuat penjualan manganya meroket tajam dibanding serial hit lainnya. Blue Lock sering disamakan dengan serial hit yang bergenre sport lainnya seperti Haikyuu dan Slam Dunk.

Setelah Blue Lock, di posisi kedua tercatat Jujutsu Kaisen yang terjual sebanyak 8,54 juta kopi di seluruh dunia. Disusul One Piece yang terjual sebanyak 7,18 juta kopi di posisi ketiga, dan Oshi no Ko yang terjual sebanyak 5,40 juta kopi yang bertengger di posisi keempat.

Sementara itu, di posisi kelima ada serial Chainsaw Man yang terjual hingga 5,35 juta kopi. Di posisi keenam ada serial Slam Dunk yang terjual 5 juta kopi, dan di posisi ketujuh ada serial Spy x Family yang terjual sebanyak 4,32 juta kopi.

My Hero Academia bertengger di posisi kedelapan dengan terjual sebanyak 3,52 juta kopi, dan di posisi kesembilan tercatat Tokyo Revengers yang terjual 3,21 juta kopi. Di posisi kesepuluh yakni serial Kingdom yang terjual 3,19 juta kopi.

Dari 10 serial tersebut, sebagian besarnya merupakan serial yang sudah sering bertengger di posisi atas manga dengan penjualan tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Namun, Oricon juga merilis serial lainnya yang turut menjadi sorotan di 2023 ini.

Bahkan, banyak di antaranya merupakan serial baru yang muncul di 2022 dan 2023. Ada 10 serial lainnya yang berada di peringkat 11 hingga 24 manga dengan penjualan tertinggi di 2023 berdasarkan data Oricon.  

Serial tersebut yakni Frieren: Beyond Journey's End, That Time I Got Reincarnated as a Slime, The Apothecary Diaries, Welcome to Demon School! Iruma-kun, Kaiju No. 8, Do Not Say Mystery, Sakamoto Days. Selain itu, ada serial Mashle: Magic and Muscles, Aoashi, Detective Conan, Toilet-Bound Hanako-kun, My Love Story with Yamada-kun at Lv999, Record of Ragnarok, dan Blue Box.

Manga Do Not Say Mystery dan The Apothecary Diaries termasuk serial yang baru muncul. Dari seluruh serial tersebut, juga dapat menjadi rekomendasi bagi penggemar manga untuk dibaca di penghujung 2023 ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement