Jumat 12 Apr 2024 12:24 WIB

Akankah Akhir Kisah ‘Parasyte: The Grey’ Sama dengan Versi Manga?

Serial ‘Parasyte The Grey’ merupakan adaptasi manga Parasyte.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Poster drama Korea Parasyte The Grey. Akankah akhir live-action Parasyte The Grey sama dengan versi manga?
Foto: Dok. Netflix
Poster drama Korea Parasyte The Grey. Akankah akhir live-action Parasyte The Grey sama dengan versi manga?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Serial “Parasyte: The Grey” merupakan adaptasi manga Jepang berjudul “Parasyte. Meski merupakan adaptasi, namun keduanya memiliki karakter dan alur cerita berbeda.

Memiliki enam episode dan tayang di Netflix, akankah akhir kisah “Parasyte: The Grey“ akan dibuat sesuai versi manga? Di semua versi “Parasyte”, larva alien menghujani bumi dalam cangkang berbatu dan berduri. Saat mendarat, larva akan keluar dari cangkang pelindung dan memasuki lubang pada manusia, akhirnya memakan umpan dan mengendalikan setiap sel di tubuhnya. Mereka kejam dan bisa mengubah daging mereka menjadi senjata yang menakutkan.

Baca Juga

Versi Jepangnya, menceritakan siswa sekolah menengah Shinichi Izumi saat dia menavigasi dunia baru ini. Dia menjadi setengah terinfeksi dengan salah satu alien ini, mengembangkan hubungan simbiosis dengan parasit. Parasit itu tersangkut di lengannya, dan dengan demikian dapat mengubah lengannya menjadi instrumen yang kuat.

Dalam “Parasyte: The Grey”, seorang wanita bernama Jeong Su-in juga setengah terinfeksi parasit tersebut, yang terhenti saat parasit tersebut mencoba mengambil alih pikiran dan tubuhnya. Setengah dari wajahnya dapat berubah dan menjadi senjata berbahaya, dan dia mengembangkan hubungan bercabang dengan parasit (memanggilnya Heidi, seperti dalam Jekyll dan Hyde).

Seperti Shinichi Izumi, Jeong Su-in sebagian bedar dirinya masih manusia, hidup bersimbiosis dengan parasitnya, tapi dia dianggap sebagai ancaman baik oleh parasit maupun polisi. Akhirnya, dia mendapat bantuan dari anggota geng penyendiri dan detektif melankolis, serta berjuang untuk bertahan hidup sambil membasmi parasit di kotanya.

Yang membawa penonton ke akhir “Parasyte: The Grey”, yakni ketika Jeong Su-in merasa nyaman dengan parasitnya dan percaya diri dengan kemampuannya, serta dia memiliki jaringan dukungan yang dia butuhkan. Dia mengalahkan "yang sangat buruk" dan membuktikan dirinya kepada The Grey, unit elite yang berspesialisasi dalam memburu parasit.

Dia direkrut ke dalam The Grey, dan episode terakhir dari seri ini berakhir dengan pertemuannya dengan karakter utama Parasyte asli, Shinichi Izumi, yang tampaknya lebih tua dari mutan SMA yang dikenal penggemar dan siap untuk menawarkan pendampingan. Lalu apa dampaknya?

Sepertinya “Parasyte: The Grey” lebih merupakan "sidekuel" daripada reboot atau remake atau sekuel atau semacamnya. Fakta bahwa karakter dari anime “Parasyte” muncul di versi Korea (dalam kondisi yang sama dengan invasi alien) menunjukkan bahwa semuanya terjadi di dunia yang sama. Penonton menghabiskan “Parasyte: The Grey” melihat dampak parasit di Korea, namun jelas bahwa Jepang (dan belahan dunia lain) menderita secara bersamaan.

Dengan Shinichi Izumi yang terlihat terlihat lebih tua, dapat dikatakan bahwa “Parasyte: The Grey” berakhir setelah kejadian di anime. Penonton akan melihat sekilas karakter utama serial ini memasuki ruang live-action, yang sangat keren, dan sepertinya jika serial Netflix berlanjut, mereka akan membangun cerita Shinichi dan menggabungkannya dengan cerita Jeong Su-in, kembali ke masa lalu dan membuat ulang anime dalam bentuk live-action. 

Meskipun tampaknya hal itu tidak mungkin terjadi, mengingat “Parasyte: The Grey” adalah produksi Korea (dibuat oleh sutradara hebat Yeon Sang-ho dari “Train to Busan” dan ketenaran “Psychokinesis”). Jika ada, Netflix kemungkinan akan memasukkan cerita Shinichi dan melanjutkannya, mungkin di kota yang lebih besar (mengingat parasit di Namil telah dimusnahkan).

Akankah mereka pergi ke Seoul? Atau mungkin bahkan Tokyo? Gabungan serial Korea dan Jepang yang menyatukan narasi-narasi berbeda, akan sangat inovatif dan pasti disambut baik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement