Rabu 22 Nov 2023 14:11 WIB

Skandal yang Menimpa Seunghan RIIZE Hingga Akhirnya Hiatus Tanpa Batas Waktu

Beragam foto dan video pribadi Seunghan RIIZE memicu kontroversi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop RIIZE. Agensi SM Entertainment mengumumkan salah satu member RIIZE, Seunghan, hiatus tanpa batas waktu akibat deretan skandal yang menimpanya.
Foto: Dokumen
Grup K-pop RIIZE. Agensi SM Entertainment mengumumkan salah satu member RIIZE, Seunghan, hiatus tanpa batas waktu akibat deretan skandal yang menimpanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agensi SM Entertainment baru saja mengumumkan bahwa aktivitas anggota grup RIIZE, Seunghan, akan dihentikan untuk sementara waktu. Pengumuman ini dirilis tak lama setelah foto dan video pribadi Seunghan bocor dan menimbulkan kontroversi di dunia maya.

Beragam foto dan video pribadi Seunghan yang memicu kontroversi beredar di dunia maya sejak sebelum RIIZE melakukan debut pada September 2023. Seunghan juga sudah merilis permintaan maaf resminya pada 30 Agustus 2023.

Baca Juga

"Saya benar-benar meminta maaf kepada para penggemar yang mendukung RIIZE. Karena akibat masalah pribadi saya, saya merugikan tim (RIIZE) di waktu yang sangat penting dan kritis ini, sebelum debut kami," tulis Seunghan, seperti dilansir Allkpop pada Rabu (22/11/2023).

Seunghan menambahkan bahwa dia tidak menyalahkan siapa pun dan mengakui bahwa skandal yang muncul murni karena kelalaiannya. Idol kelahiran 2 Oktober 2003 tersebut menyatakan bahwa dia telah belajar dari masa lalu dan berjanji akan bertindak lebih bijak di masa mendatang.

 

"Mulai hari ini dan seterusnya, saya akan memprioritaskan tim RIIZE. Saya akan berperilaku lebih hati-hati, tak hanya di atas panggung sebagai RIIZE, tetapi juga dalam beragam situasi lainnya," ujar Seunghan.

Terlepas dari itu, SM Entertainment menyatakan bahwa Seunghan memutuskan untuk melakukan hiatus. SM Entertainment menghormati keputusan tersebut dan akan menghentikan seluruh aktivitas Seunghan untuk sementara, hingga waktu yang tak ditentukan.

Sejauh ini, ada setidaknya empat skandal yang menimbulkan kontroversi bagi Seunghan. Berikut ini adalah keempat skandal tersebut:

1. Di hotel bersama wanita

Sebuah akun di media sosial membocorkan foto seorang pria yang tampak seperti Seunghan di sebuah hotel. Menurut akun tersebut, Seunghan mengunjungi hotel bersama seorang perempuan di bawah umur. Akun tersebut juga mengunggah beberapa swafoto yang memperlihatkan Seunghan sedang berciuman dengan perempuan tersebut

Bila melihat ciri-ciri gaya rambut hingga tindikan telinga, warganet meyakini bahwa foto tersebut diambil setelah Seunghan diperkenalkan sebagai salah satu SM Rookies. Tak lama setelah foto-foto ini beredar di media sosial, pengunggah membuat pernyataan maaf karena membagikan informasi yang salah. Dia menyatakan bahwa perempuan yang datang bersama Seunghan ke hotel bukan perempuan di bawah umur, melainkan perempuan dewasa.

2. Diduga mengejek idol lain

Sebuah video percakapan pribadi antara Seunghan dan Soobin TXT sempat bocor di media sosial pada 16 November 2023. Video tersebut tampak direkam dari siaran Instagram Live yang dilakukan oleh Seunghan dan Soobin melalui akun pribadi mereka. Siaran tersebut tampak hanya ditonton oleh empat orang.

Dalam siaran tersebut, Seunghan sempat terdengar melontarkan ejekan mengenai seorang idol. Setelah itu, Seunghan menyebut nama Eunchae LE SSERAFIM.

Video ini memicu kontroversi karena banyak warganet yang mengira bahwa Seunghan sedang mengejek Eunchae. Namun setelah diperhatikan lebih jauh, Seunghan tampaknya melayangkan ejekan tersebut dengan nada bercanda kepada Soobin. Dugaan ini muncul karena setelah Seunghan melontarkan ejekan, Soobin membalasnya dengan menunjukkan jari tengah menggunakan kakinya.

"Itu sebuah fakta. Kamu tidak bisa menari, menyanyi, atau rap. Kamu bersemangat hanya karena kamu menjadi MC untuk Music Bank. Dan kamu bahkan bertemu dengan Eunchae kita," ujar Seunghan yang kemudian dibalas dengan jari tengah oleh Soobin, seperti dilansir Koreaboo.

3. Ketahuan merokok

Akun anonim di X juga mengunggah sebuah cuplikan video pribadi Seunghan pada 17 November 2023. Unggahan tersebut menampilkan Seunghan yang sedang berjalan dengan rokok yang menyala di bibirnya, seperti dilansir Koreaboo.

4. Misogini dan senioritas

Sebuah unggahan dari akun anonim yang mengklaim dirinya sebagai teman Seunghan juga memberikan pernyataan kontroversial, seperti dilansir Kpoppost. Dalam unggahan tersebut, sang akun anonim menyatakan bahwa dia berteman dengan Seunghan karena mereka memiliki seorang teman yang sama.

Mulanya, akun tersebut menyatakan bahwa dia merasa takjub karena bisa berkenalan dengan Seunghan yang saat itu merupakan trainee idol. Namun rasa takjub tersebut perlahan berubah setelah sang akun anonim melihat sikap Seunghan.

Akun anonim tersebut mengeklaim bahwa Seunghan kerap menggunakan kata-kata yang buruk saat bicara. Akun tersebut juga mengklaim bahwa Seunghan gemar merokok dan minum alkohol sambil melakukan siaran live di Instagram pribadinya.

Yang tak kalah mengejutkan, akun tersebut mengeklaim bahwa Seunghan kerap menunjukkan sikap berkuasa kepada para juniornya. Selain itu, Seunghan juga dituding kerap menunjukkan sikap misoginis terhadap trainee perempuan.

"Seunghan gemar bicara berlebihan mengenai interaksinya dengan trainee perempuan, menunjukan dominasinya atas mereka, dan berbicara negatif mengenai anggota grup debutnya seakan itu hal normal," ujar akun tersebut, seperti dilansir Kpoppost.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement