Senin 20 Nov 2023 16:47 WIB

Tiga Jari Ganjar Pranowo Mirip Three-Finger Salute The Hunger Games, Apa Maknanya?

Three-finger salute di film The Hunger Games ini mempunyai dasar di kehidupan nyata.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Salute tiga jari di Film Hunger Games.
Foto:

Ketika Katniss menjadi sukarelawan untuk permainan tersebut menggantikan saudara perempuannya Primrose, semua warga Distrik yang hadir menyatakannya sebagai solidaritas. Ini disiarkan sebagai bagian standar Olimpiade Capitol, dan seluruh Panem melihatnya.

Hal itu perlahan-lahan mengubahnya dari sapaan atau rasa terima kasih, menjadi sesuatu yang lebih besar. Setelah kehilangan temannya Rue di arena, Katniss menyampaikan tanda itu lagi saat Capitol membawa tubuhnya pergi, rasa hormat bercampur dengan pembangkangan terhadap Capitol.

Dalam cerita kedua, The Hunger Games: Catching Fire, seorang lelaki tua dari rumah Rue, Distrik 11, membuat tanda selama tur kemenangan pasca-pertandingan Katniss dan Peeta. Dia dieksekusi di depan umum, dan keributan di Distrik itu pun meletus dalam kerusuhan.

Gerakan tersebut dengan cepat menjadi sangat politis ketika Katniss menjadi pusat perhatian sebagai pemimpin de facto pemberontakan, dan penghormatan tiga jari juga menyertainya. Distrik 12 mengulangi isyarat dalam Catching Fire saat pemenang bersama Katniss dan Peeta diseret ke Quarter Quell.

Kesuksesan besar franchise The Hunger Games sebagian bergantung pada seberapa baik mereka memahami dunia kita, dan bagaimana masa depan gelapnya mencerminkan isu-isu distorsi media dan propaganda saat ini.

Karena dampak budayanya, penghormatan tiga jari kini menjadi lebih dari sekadar fiksi. Pengunjuk rasa pro-demokrasi mulai menggunakannya di Thailand setelah kudeta tahun 2014 di negara tersebut (pemerintah Thailand telah melarang gerakan tersebut), dan telah digunakan oleh gerakan serupa di Hong Kong dan Myanmar.

Kini, capres Ganjar Pranowo pun juga mengeluarkan simbol tersebut. Dengan slogan ‘Tiga Jari Tiga Janji: Taat Pada Tuhan, Patuh Pada Hukum, dan Setia Pada Rakyat’.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement