Senin 20 Nov 2023 16:29 WIB

Film Jackie Chan yang 'tak Lucu' Tapi Raih Popularitas Tinggi

Jackie Chan identik sebagai aktor laga komedi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor laga Jackie Chan. Jackie Chan memiliki beberapa film non komedi yang populer di kalangan pencinta film.
Foto: EPA/BALAZS MOHAI HUNGARY OUT
Aktor laga Jackie Chan. Jackie Chan memiliki beberapa film non komedi yang populer di kalangan pencinta film.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikon film action legendaris Jackie Chan identik dengan karya komedi aksi. Namun di luar itu, Chan telah menunjukkan kemampuannya sebagai aktor dan pemeran utama film aksi. Sepanjang kariernya, Jackie Chan telah dikaitkan dengan komedi aksi, di mana ia kerap menggabungkan aksi seni bela diri dengan komedi fisik dan situasional dalam gayanya sendiri. 

Formula tersebut bisa dilihat dalam serial film Rush Hour, tapi juga tidak menghentikan sang aktor untuk memperluas wawasannya. Selain memimpin dan menyutradarai film komedi aksi, Jackie Chan juga tampil dalam film aksi yang lebih serius, yang sering kali mengusung nuansa berbeda daripada karya komedinya. 

Baca Juga

Meskipun Chan muncul dalam beberapa film aksi dramatis di awal kariernya, ia melakukannya dengan frekuensi yang jauh lebih besar di abad ke-21, termasuk film-film Hong Kong dan di Hollywood. Kendati itu menghindari komedi khas Chan, drama aksinya masih sangat menghibur, bahkan ada yang masuk dalam peringkat film terbaik Chan. Beberapa film itu seperti Shinjuku Incident (2009), Police Story (2013), Heart of Dragon (1985), dan The Protector (1985). Berikut lima film lain, seperti dilansir laman Screen Rant, beberapa waktu lalu:

1. The Foreigner (2017)

photo
Salah satu adegan di film The Foreigner. - (Dok. STXfilms)

 

Setelah lama absen dari layar bioskop Barat, Jackie Chan kembali dalam salah satu film thriller aksi paling gelap hingga saat ini dalam The Foreigner karya Martin Campbell. Chan berperan sebagai pemilik restoran yang berbasis di London, Ngoc Minh Quan, yang berusaha membalas dendam atas kematian putrinya dalam pengeboman yang dilakukan oleh IRA yang bangkit kembali. The Foreigner menempatkan Chan ke dalam cerita yang lebih grit daripada film-film aksi Barat sebelumnya, sementara film ini juga membingkai politisi duplikat Liam Hennessy (Pierce Brosnan) dengan kombinasi yang tepat antara kesedihan dan kejahatan yang mementingkan diri sendiri. 

2. New Police Story (2004)

photo
Salah satu adegan di film New Police Story. - (Dok. JCE Movies Limited)

 

Meskipun film karya Jackie Chan awalnya menyertakan komedi aksi gaya Jackie Chan yang biasa, New Police Story tahun 2004 memperkenalkan protagonis Chan, Chan Kwok-wing, dalam karakter yang lebih dramatis. Dalam entri tahun 2004, Chan Kwok-wing adalah pria yang dihantui rasa bersalah karena gagal menyelamatkan rekan-rekan polisi Hong Kong dari sekelompok penjahat muda. Di bawah arahan mendiang Benny Chan, New Police Story menempatkan Chan ke dalam kisah yang bergejolak secara emosional yang juga membuat adegan aksi tetap cepat dan kuat.  

Nomor 3...lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement