Senin 20 Nov 2023 14:13 WIB

Mengapa Gelang Coldplay yang Dipakai Penonton Saat Konser Harus Dikembalikan?

Tingkat pengembalian gelang Coldplay tertinggi dipegang Jepang dengan 97 persen.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Penonton Coldplay mengenakan wristband. Gelang LED harus dikembalikan setelah penonton menyaksikan konser Coldplay.
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Penonton Coldplay mengenakan wristband. Gelang LED harus dikembalikan setelah penonton menyaksikan konser Coldplay.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konser Coldplay “Music of the Spheres World Tour 2023” telah digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada 15 November 2023. Di samping aksi panggung yang mengesankan, band asal Inggris itu juga dikenal sebagai musisi yang aktif menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan dan iklim. 

Pada konser di Jakarta yang dihadiri kurang lebih 80 ribu orang itu juga terdapat gelang aksesori wristband atau yang disebut Xylobands. Gelang LED ini dibagikan ke penonton untuk membantu pencahayaan selama konser agar lebih memeriahkan pertunjukan.

Baca Juga

Namun gelang ini harus dikembalikan alias jangan dibawa pulang oleh penonton. Hal ini tidak terlepas dari misi lingkungan yang kerap digaungkan Coldplay. Gelang-gelang tersebut akan dipakai lagi untuk konser berikutnya agar tidak perlu dibuat lagi yang baru.

Tingkat pengembalian gelang konser di beberapa negara diketahui mencapai di atas 90 persen. Misalnya, Jepang 97 persen, Denmark 96 persen, Swedia 94 persen, dan Taiwan 93 persen.

 

“Kira-kira berapa persen tingkat pengembalian di Jakarta? Ini digunakan kembali di konser Coldplay selanjutnya. Banyangin aja tiap konser lebih dari 50 ribu penonton dan ada 165 pertunjukan. Jadi kalau gak dikembalikan berapa banyak yang harus dicetak ulang?,” tulis seorang pengguna Tiktok, @KangAgis, dikutip Senin (20/11/2023).

Persentase pengembalian Indonesia juga diketahui belum diumumkan. Karena itulah banyak yang mengira angka pengembalian ini tidak ditampilkan karena mungkin memalukan.

Pengembalian ini bisa dilakukan setelah konser dengan hanya melemparkan gelang ke wadah-wadah besar yang sudah disediakan. Sejumlah warganet berkomentar bahwa penonton di Indonesia, banyak yang membawa pulang gelang karena untuk dijadikan kenang-kenangan. Bahkan ada juga yang mengaku tidak tahu gelang tersebut harus dikembalikan.

Coldplay ingin terus berinovasi...lanjutkan membaca>>

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement