Senin 20 Nov 2023 14:13 WIB

Mengapa Gelang Coldplay yang Dipakai Penonton Saat Konser Harus Dikembalikan?

Tingkat pengembalian gelang Coldplay tertinggi dipegang Jepang dengan 97 persen.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Penonton Coldplay mengenakan wristband. Gelang LED harus dikembalikan setelah penonton menyaksikan konser Coldplay.
Foto:

Menurut laman Pixmob, Coldplay terus ingin berinovasi melakukan konser secara berkelanjutan dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, dalam misi ini juga diciptakan gelang dengan casing yang seluruhnya terbuat dari bahan ramah lingkungan. Gelang 7-LED baru ini adalah gelang plastik berbasis nabati pertama yang dapat dibuat kompos di dunia, dan bersumber dari tebu terbarukan.

Bahan mentah untuk gelang ini ditanam berdasarkan "Kode Etik Pemasok", yang menetapkan praktik keberlanjutan yang diaudit oleh pengawas pihak ketiga. Bahan ini tidak memiliki dampak penggundulan hutan atau perpindahan pasokan makanan. 

Plastik PLA olahan yang digunakan dalam gelang 7-LED memiliki jejak karbon 400 persen lebih rendah dibandingkan plastik biasa (PET) pada 500 kg CO2 eq./ton polimer. Dengan 17 gram plastik PLA di setiap gelang 7-LED, total emisi untuk 1 juta unit diperkirakan mencapai 8.500 kilogram CO2 eq. Menurut US EPA, jumlah ini setara dengan 1,8 mobil yang dikendarai selama setahun, dengan karbon dapat diserap oleh 141 pohon yang ditanam selama 10 tahun.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement