Sabtu 18 Nov 2023 01:39 WIB

Apa Penyebab Gigi Mendadak Sakit? Kenali Dulu Sejumlah Pemicu Ini

Retakan pada gigi juga bisa menimbulkan rasa sakit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sakit gigi secara umum bisa disebabkan oleh lapisan terdalam gigi atau pulpa mengandung pembuluh darah besar dan saraf, yang merupakan bagian paling sensitif di tubuh Anda.
Foto: ANTARA/Maulana Surya/foc.
Sakit gigi secara umum bisa disebabkan oleh lapisan terdalam gigi atau pulpa mengandung pembuluh darah besar dan saraf, yang merupakan bagian paling sensitif di tubuh Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sakit gigi secara umum bisa disebabkan oleh lapisan terdalam gigi atau pulpa mengandung pembuluh darah besar dan saraf, yang merupakan bagian paling sensitif di tubuh Anda. Jadi ketika gigi Anda teriritasi, meradang, atau terinfeksi, kemungkinan besar Anda akan mengalami rasa sakit pada gigi Anda. 

Dilansir Live Strong, Jumat (17/11/2023), anggota Asosiasi Gigi Negara Bagian New York Christopher Calnon, DDS, berbagi beberapa alasan paling umum mengapa gigi Anda sakit beserta tips untuk membantu Anda mengetahui akar ketidaknyamanan gigi Anda. 

Baca Juga

-Anda memiliki sensitivitas dingin

Dilansir Live Strong, Jumat (17/11/2023), sensitivitas dingin sangat umum terjadi dan memiliki beberapa kemungkinan penyebab. Jika sensitivitasnya berlangsung singkat dan tingkat keparahannya ringan, kemungkinan besar itu terkait dengan menggeretakkan gigi atau resesi jaringan gusi, kata Anggota Asosiasi Gigi Negara Bagian New York, Christopher Calnon, DDS. 

“Sensitivitas terhadap suhu dingin yang berlangsung selama beberapa menit atau bersifat parah dapat mengindikasikan masalah yang lebih besar, seperti kerusakan atau patah gigi,” ujar dr. Calnon, DDS. 

Dia mengungkapkan pengobatan lini pertama yang umum terkait sensitivitas dingin adalah mengontrol penggeretakkan gigi dengan pelindung mulut atau menggunakan pasta gigi sensitif untuk resesi gusi. Namun jika Anda mengalami pembusukan atau patah gigi, pilihan pengobatan mungkin termasuk penempatan tambalan, saluran akar, atau mungkin, pencabutan gigi, tergantung pada diagnosisnya. 

 

-Anda mengalami patah gigi

Sama seperti patah tulang, retakan pada gigi juga bisa menimbulkan rasa sakit. Gigi patah dapat terjadi karena sesuatu yang sederhana seperti menggigit permen keras atau sesuatu yang lebih serius seperti cedera olahraga, menurut Klinik Cleveland. Menggertakkan dan mengatupkan gigi juga meningkatkan kemungkinan terjadinya patah tulang. 

Calnon mengungkapkan patah gigi memiliki tingkat keparahan yang bervariasi berdasarkan ukuran dan kedalaman retakan. “Banyak gigi dengan patah yang dangkal tidak menimbulkan gejala,” kata dr. Calnon. 

Namun seiring berkembangnya patah gigi, hal itu bisa menjadi menyakitkan. “Hal ini terjadi ketika salah satu bagian gigi patah atau bagian gigi yang berdekatan dipaksa berlawanan arah saat menggigit,” ujarnya. 

Untuk memperbaiki patah gigi, dokter gigi Anda mungkin akan memasang tambalan atau mahkota pada gigi. Dalam beberapa kasus, jika patah tulang meluas lebih dalam ke gigi, mungkin diperlukan perawatan saluran akar atau pencabutan, kata dr. Calnon. 

 

-Anda menderita penyakit gusi

Gusi Anda menjadi penyebab gigi sakit. Bentuk penyakit gusi yang ringan seperti radang gusi dapat memicu peradangan dan iritasi pada jaringan gusi (pikirkan gusi merah, bengkak, atau gatal yang berdarah saat Anda menyikat gigi), kata dr Calnon. 

Jika Anda bertanya-tanya mengapa gigi Anda sakit saat makan, itu karena radang gusi juga dapat menyebabkan kepekaan terhadap makanan panas atau dingin dan nyeri tekan atau nyeri saat mengunyah. Itulah sebabnya semua gigi Anda mungkin sakit di satu sisi, menurut Klinik Cleveland. 

Calnon menyebutkan kasus penyakit gusi yang parah bahkan dapat menyebabkan infeksi pada gusi dan gigi di sekitarnya. 

Yang lebih buruk lagi, jika tidak diobati dengan benar, penyakit gusi dapat melemahkan struktur tulang yang menopang gigi, sehingga menyebabkan gigi menjadi kendur, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). 

Calnon menuturkan penyakit gusi ringan paling baik ditangani dengan praktik kebersihan mulut yang benar dan kunjungan dokter gigi secara teratur (termasuk pembersihan profesional). 

“Tergantung pada tingkat keparahan penyakit gusi, pengobatan mungkin juga mencakup pembersihan mendalam, operasi gusi atau bahkan pencabutan gigi,” tambah dia. 

 

Untuk menghindari masalah gusi, pencegahan adalah kuncinya. Klinik Cleveland memberikan beberapa kiat yang terbukti benar untuk mengatasi radang gusi. 

Pertama, sikat dua kali sehari dan bersihkan dengan benang setiap hari. 

Kedua, kelola diabetes Anda, yang dapat meningkatkan risiko penyakit gusi. 

Ketiga, jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya. 

Keempat, batasi asupan alkohol dan gula. Kelima, lakukan pemeriksaan gigi tahunan (lebih sering Jika Anda memiliki gejala atau riwayat penyakit gusi dalam keluarga). 

 

-Gigi Anda abses

Gigi yang mengalami abses bisa sangat menyiksa. Menurut Klinik Cleveland, abses adalah kantong nanah yang menyakitkan yang disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam gigi. 

Abses gigi sering kali disebabkan oleh kerusakan besar yang memasuki jaringan saraf gigi, kata dr. Calnon. Abses dapat menyebar melampaui gigi dan masuk ke jaringan sekitarnya, menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit yang parah. 

Menurut Klinik Cleveland, tanda-tanda abses lain selain sakit gigi meliputi: sensitivitas gigi terhadap suhu panas atau dingin, rasa pahit di mulut, nafas berbau busuk, gusi kemerahan dan bengkak, melonggarnya gigi, daerah bengkak di rahang atas atau bawah, luka terbuka di sisi gusi, demam, dan kelenjar leher bengkak. 

“Abses gigi harus segera diobati,” kata dr. Calnon. Perawatan awal biasanya melibatkan pengeringan abses dan/atau penggunaan antibiotik, namun terkadang abses memerlukan perawatan saluran akar atau pencabutan gigi, katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement