Kamis 16 Nov 2023 10:13 WIB

Di Balik Pantun Coldplay 'Pinjam Seratus' yang Bikin Penonton Tertawa

Coldplay menyampaikan dua pantun di konsernya semalam.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Band asal Inggris, Coldplay, menggelar konser di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (15/11/2023). Coldplay menyampaikan pantun pinjam seratus yang membuat penonton tertawa.
Foto: Dok. Republika/Shelbi Asrianti
Band asal Inggris, Coldplay, menggelar konser di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (15/11/2023). Coldplay menyampaikan pantun pinjam seratus yang membuat penonton tertawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Celetukan "pinjam dulu seratus" tidak hanya populer di antara warganet Indonesia. Band asal Inggris, Coldplay, juga ketularan mengucapkan guyonan tersebut saat konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Rabu (15/11/2023).

Chris Martin (vokal), Jonny Buckland (gitar), Guy Berryman (bass), dan Will Champion (drum) tidak cuma menyuguhkan karya musiknya, tetapi juga mempersembahkan pantun untuk penonton. Tidak hanya satu, tetapi dua pantun dalam bahasa Indonesia yang mereka ucapkan.

Baca Juga

Coldplay membuka konsernya dengan lagu "Higher Power", lalu menyapa penonton dan mengucap, "Assalamualaikum". Chris Martin dan rekan-rekan satu band-nya lantas melanjutkan dengan tembang "Adventure of a Lifetime" dan lagu "Paradise".

Kemudian, tiba lagu "The Scientist" dibawakan. Setelah itu, Chris Martin mengucapkan deretan kalimat dalam bahasa Indonesia yang membuat penggemar di Tanah Air terkagum-kagum. "Terima kasih, apa kabar teman-teman? Selamat malam, selamat datang. Kami senang sekali bisa hadir di Jakarta. Saya punya pantun," ujar Martin.

 

Semuanya diucapkan dalam bahasa Indonesia. Dia kemudian melontarkan dua buah pantun. Pantun pertama berbunyi, "Hari Selasa ujian Fisika. Giat belajar biar lulus. Apa kabar Kota Jakarta, boleh dong pinjam seratus," ucapnya. Setiap kalimat tak lupa bersambut kata "cakeep" dari penonton.

Pantun jenaka itu jelas membuat penonton tergelak, mengingat guyonan "pinjam seratus" memang sedang viral di media sosial. Jika dirunut asalnya di medsos, ungkapan itu punya versi lebih lengkap, yakni "agar silaturahmi tidak terputus, pinjam dulu seratus".

Candaan itu bermula dari kritik atas kebiasaan orang yang suka meminjam uang, namun dibuat parodinya oleh warganet. Cukup menarik melihat guyonan "pinjam seratus" sudah sampai ke telinga Coldplay, bahkan mereka pakai untuk menghangatkan suasana pada konser.

Tidak cuma satu pantun tersebut, Chris Martin juga mengucap pantun lainnya. Pantun itu berbunyi, "Jalan kaki sampai Senayan, siangnya membeli Tuku. Jakarta-ku kota impian, Coldplay is here for all of you," ucap Chris yang membuat penggemar semakin bersorak.

Selama konser perdananya di Jakarta, Coldplay membawakan sekitar 20 lagu selama dua jam. Deretan lagu yang mereka bawakan termasuk "Fix You", "Yellow", "In My Place", "Clocks", "Something Just Like This", dan masih banyak lagi.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement