Rabu 15 Nov 2023 15:49 WIB

Urutan Nonton Film-Film di The Conjuring Universe

Menonton semua film The Conjuring Universe secara berurutan memang rumit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Conjuring. Untuk membantu memaksimalkan pengalaman menonton horor, dapat disimpulkan tiga urutan tontonan berbeda untuk film tersebut.
Foto: Warner Bros Pictures.
Salah satu adegan di film The Conjuring. Untuk membantu memaksimalkan pengalaman menonton horor, dapat disimpulkan tiga urutan tontonan berbeda untuk film tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Waralaba horor adalah salah satu dunia sinematik yang paling sukses secara konsisten setelah melahirkan beberapa seri individu berpenghasilan tinggi di tengah perluasan canon yang terus berkembang. Contohnya, The Conjuring Universe. 

The Nun 2 yang tayang perdana pada 2023 adalah film kesembilan dari keseluruhan waralaba. Film ini merupakan sekuel dari film The Nun pertama yang keluar pada 2018. Ini akan disusul oleh film keempat dalam serial film The Conjuring Universe, The Conjuring: Last Ritus

Baca Juga

Ketika daftar entri semakin panjang dengan The Conjuring 4 yang sedang berjalan, urutan menonton ideal menjadi pertanyaan yang lebih besar. Menonton semua film The Conjuring Universe secara berurutan memang rumit karena linimasa sebenarnya tersebar di sejumlah sekuel dan prekuel. Beberapa berisi informasi penting, sementara yang lain hanya berisi sedikit petunjuk bahwa mereka adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dalam kisah keluarga Warren dan entitas iblis yang mereka temui. 

Dilansir Screenrant, Rabu (15/11/2023), untuk membantu memaksimalkan pengalaman menonton horor, dapat disimpulkan tiga urutan tontonan berbeda untuk film tersebut. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dalam hal memahami linimasa The Conjuring Universe secara lengkap.

 

1. Film-film Conjuring dalam urutan rilis 

The Conjuring (2013)

Annabelle (2014)

The Conjuring 2 (2016)

Annabelle: Creation (2017)

The Nun (2018)

The Curse of La Llorona (2019)

Annabelle Comes Home (2019)

The Conjuring 3/ The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021)

The Nun 2 (2023)

Ini adalah urutan banyak penggemar yang sudah menonton film tersebut, setidaknya pada penayangan pertama. Meskipun penceritaan sebenarnya di sini tersebar, The Nun adalah cerita asal usul penjahat di The Conjuring 2, misalnya, ada alur tetap yang mudah diikuti. 

Penonton dapat melihat segala sesuatunya meluas ke luar dari The Conjuring. Semua petunjuk serta panggilan kembali antara berbagai film ditempatkan dengan mempertimbangkan perkembangan ini, yang merupakan keuntungan utama menonton film The Conjuring berdasarkan urutan tanggal rilis. 

2. Film-film Conjuring dalam urutan kronologis

The Nun 

Annabelle: Creation

The Nun 2

Annabelle 

Annabelle Comes Home

The Conjuring 

The Curse of La Llorona 

The Conjuring 2

The Conjuring 3/ The Conjuring: The Devil Made Me Do It

Meskipun bukan yang terbaik, menonton film The Conjuring berdasarkan kronologi lebih disukai oleh para pecinta waralaba. Masalah dengan urutan ini terletak pada ikatan yang dimiliki Annabelle dan The Curse of La Llorona dengan The Conjuring, The Conjuring 2, dan The Conjuring: The Devil Made Me Do It

Trilogi Annabelle sebagian besar berdiri sendiri. Dengan Annabelle yang menjembatani The Curse of La Llorona dengan yang lainnya, penonton pada dasarnya mendapatkan trilogi dan quadrilogy yang hanya terkait karena boneka dari boneka terlihat di boneka lainnya. Sayangnya, hal ini mengurangi dampak dan perasaan dunia yang lebih luas. 

3. Urutan menonton film-film Conjuring yang direkomendasikan

The Conjuring 

Annabelle: Creation

Annabelle

Annabelle Comes Home 

The Curse of La Llorona

The Nun

The Conjuring 2

The Nun 2

The Conjuring 3/The Conjuring: The Devil Made Me Do It

Cara paling menyenangkan untuk menonton adalah mengawali dan mengakhirinya dengan film The Conjuring. Dengan seberapa banyak The Conjuring mengatur apa yang terjadi setelahnya, film tersebut harus ditonton terlebih dahulu untuk menyerap narasinya secara total. 

Berikutnya trilogi Annabelle secara kronologis, disusul The Curse of Llorona yang menanamkan asal alam semesta multikultural menunggu keluarga Warren. The Nun hadir berikutnya, disusul The Conjuring 2, The Nun 2, dan terakhir film Conjuring ketiga. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement