Jumat 03 Nov 2023 06:27 WIB

The Beatles Rilis Lagu 'Now and Then' yang Dibuat dengan Bantuan AI

Now and Then dibuat menggunakan lagu demo John Lennon dari tahun 1970-an.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Mural The Beatles di area Baltic Triangle, Liverpool, Inggris. Film dokumenter The Beatles, Get Back, tayang di Disney +.
Foto: EPA
Mural The Beatles di area Baltic Triangle, Liverpool, Inggris. Film dokumenter The Beatles, Get Back, tayang di Disney +.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band asal Inggris The Beatles kembali dengan perilisan lagu terbarunya sejak tahun 1995. Lagu yang berjudul "Now and Then" disebut sebagai lagu terakhir The Beatles mengingat dua anggotanya sudah meninggal dan yang tersisa berusia lebih dari 80 tahun.

"Now and Then" dibuat menggunakan lagu demo dari John Lennon yang berasal dari tahun 1970-an dan trek gitar dari George Harrison dari tahun 1995. Anggota yang masih hidup, Paul McCartney dan Ringo Starr, menyelesaikan lagu tersebut dengan bantuan teknologi pembelajaran mesin modern.

Baca Juga

Perangkat lunak yang pertama kali digunakan oleh sutradara Peter Jackson saat membuat film dokumenter Get Back untuk Apple, mampu memisahkan vokal Lennon dari piano. Cara ini memberikan kebebasan kepada anggota The Beatles yang tersisa untuk menambahkan apa pun yang mereka inginkan. 

"Now and Then" merupakan lagu ballad Lennon yang relatif lambat. Mungkin, lagu ini tidak akan dianggap sebagai salah satu lagu yang paling disukai, tetapi vokal Lennon terdengar sangat indah.

 

Dilansir Engadget, Jumat (3/11/2023), seharusnya "Now and Then" dirilis pada tahun 1995 sebagai bagian dari The Beatles Anthology, bersama dengan “Free as a Bird” dan “Real Love." Namun, pada tahun 1990-an, tidak ada teknologi yang bisa memisahkan vokal Lennon dari piano. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement