Selasa 17 Oct 2023 13:39 WIB

Film Horor yang Dianggap Sempurna oleh Penonton, Meski Ada yang Dinilai Negatif Kritikus

10 film horor ini dianggap paling sempurna oleh pengguna Reddit.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Ring. Ada 10 film yang dianggap memiliki rating sempurna oleh pengguna Reddit.
Foto: Dok. DreamWorks SKG
Salah satu adegan di film The Ring. Ada 10 film yang dianggap memiliki rating sempurna oleh pengguna Reddit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film horor tidak selalu mendapat pujian yang layak. Meski begitu, film horor secara konsisten menjadi salah satu genre film paling dinamis dan berani sejak awal kemunculannya.

Dari ratusan bahkan ribuan film menakutkan yang dirilis selama beberapa dekade, hanya ada sedikit film horor yang dapat digambarkan sebagai film yang sempurna. Percakapan tentang film horor mana yang pantas untuk ditonton dibahas di forum diskusi daring Reddit. Berikut ini ada 10 film yang dianggap mendapat rating 10/10.

Baca Juga

Ada lebih dari 1.000 komentar dengan 10 judul paling populer mulai dari judul klasik tahun 1970-an hingga judul yang diremehkan dalam beberapa tahun terakhir. Film apa saja? Berikut daftarnya seperti dilansir laman Collider beberapa waktu lalu:

1. The Thing (1982)

 

photo
Salah satu adegan di film The Thing. - (Universal Pictures)

 

Dirilis pada 1982, film horor fiksi ilmiah karya John Carpenter ini tetap menjadi film klasik penentu. Karena efek praktis dan ketegangan yang meningkat, menjadikannya film horor monster yang paling hebat.

Bertempat di sebuah pangkalan penelitian Amerika di Antartika, film ini mengikuti sekelompok ilmuwan yang dibunuh satu per satu oleh alien mematikan yang dapat menyerupai wujud korbannya. Meskipun mendapat ulasan negatif dari kritikus dan hanya menjadi film box office kelas menengah, The Thing dianggap menjadi film horor klasik yang disukai penonton.

2. Alien (1979)

photo
Salah satu adegan di film Alien. - (Dok.20th Century Fox)

 

Perpaduan luar biasa antara fiksi ilmiah dan horor yang tetap menakutkan, Alien adalah mahakarya genre yang tak lekang oleh waktu. Film ini mengikuti kru kargo luar angkasa yang merespons sinyal marabahaya misterius, hanya untuk menemukan diri mereka diserang oleh pemburu alien yang mematikan.

Keahlian Ridley Scott dalam membangun ketegangan atmosfer yang luar biasa dipadukan dengan performa yang kuat dan desain keren H R Giger pada xenomorph, menghasilkan pengalaman mengerikan yang tak terlupakan. 

3. Scream (1996)

photo
Salah satu adegan di film Scream. - (Dok. Amerika Serikat Dimension Films)

 

Scream adalah film slash semi satire namun menakutkan, yang menempati tempat khusus di hati para penggemar film horor di seluruh dunia. Mahakarya Wes Craven ini mengangkat kisah seorang siswa sekolah menengah yang masih berduka atas pembunuhan ibunya, yang harus berhadapan dengan pembunuh bertopeng yang mengincar dia dan teman-teman sekelasnya.

4. The Exorcist (1973)

photo
Film The Exorcist. - (Warner Bros)

 

Sering dianggap sebagai film horor terhebat dan paling menakutkan sepanjang masa, The Exorcist adalah puncak teror kerasukan. Setelah menunjukkan perilaku yang tidak biasa dan mengganggu, seorang gadis muda dibawa ke ahli medis oleh ibunya yang mengetahui bahwa putrinya dirasuki setan dan meminta bantuan dua pendeta untuk melakukan pengusiran setan. Dengan intensitas atmosfernya, tema supranaturalnya yang mendominasi, dan landasannya yang fenomenal dalam drama keluarga, The Exorcist tetap menjadi film yang benar-benar menghantui karena berbagai alasan.

5. The Ring (2002)

photo
Salah satu adegan di film The Ring. - (Dok. DreamWorks SKG)

 

Diadaptasi dari film horor Jepang Ringu yang merupakan adaptasi dari novel Ring tahun 1991 karya Koji Suzuki, The Ring adalah perpaduan yang erat antara sensasi misteri dan horor supernatural yang mengejutkan penonton ketika dirilis pada 2002. Film ini mengikuti investigasi reporter Rachel Keller (Naomi Watts), setelah kematian keponakannya seusai melihat rekaman video terkutuk, yang dilaporkan membunuh orang yang menontonnya.

Sebagai produk pada masanya, keterkaitan erat film ini dengan teknologi awal tahun 2000-an dan kaset VHS mungkin berarti terornya kini sudah berkurang, namun film ini tetap menjadi film yang menyeramkan dan pengaruhnya terhadap penonton pada masa itu tidak akan segera terlupakan.

Nomor 6...lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement