Jumat 13 Oct 2023 20:38 WIB

Film Horor Terlaris Tahun Ini, Apa yang di Posisi 1?

Film horor terlaris 2023 belum bisa menandingi film horor pada 2 tahun sebelumnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Nun II. The Nun II menjadi salah satu film horor dengan penghasilan tertinggi pada 2023.
Foto: Dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film The Nun II. The Nun II menjadi salah satu film horor dengan penghasilan tertinggi pada 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Film horor mendapat sorotan dalam lanskap sinematik selama beberapa tahun terakhir dengan banyaknya film yang sukses di box office, bahkan yang rilis di platform streaming. Meskipun film horor terlaris 2023 belum bisa menandingi film horor terlaris dua tahun ke belakang, namun agaknya tetap patut diacungi jempol.

Film A Quiet Place: Part II menjadi film terlaris pada 2021 dengan 160,2 juta dolar AS atau Rp 2,5 triliun dalam pendapatan domestik, lalu Nope tahun 2022 meraup 123,2 juta dolar AS atau Rp 1,9 triliun. Tetapi 2023 belum berakhir, dan entri baru Conjuring, Saw, dan The Exorcist: Believer masih akan tayang di bioskop sebelum tahun ini berakhir.

Baca Juga

Melansir Box Office Pro, Jumat (13/10/2023), berikut ini adalah lima film horor terlaris tahun 2023, berdasarkan peringkat pendapatan kotor domestik:

1. Scream VI

 

photo
Salah satu adegan Scream VI. - (Dok Paramount Pictures)

Produksi jalur cepat Paramount pada seri keenam dari waralaba Scream yang dirilis 10 Maret 2023, menjadi titik terang di kalender kuartal I 2022, dengan pendapatan domestik 108,1 juta dolar AS (Rp 1,6 triliun). Scream VI memindahkan aksinya dari setting pinggiran kota, Ghostface, dan yang lainnya ke New York City.

2. M3GAN

Film produksi Blumhouse Productions ini menjadi kejutan bagi Universal, memicu gelombang positif hingga hanya menghasilkan 100 juta dolar AS (Rp 1,5 triliun) di Amerika Utara. Promosi dari mulut ke mulut merupakan faktor besar dalam film yang dirilis 6 Januari 2023 ini.

3. Insidious: The Red Door

photo
Adegan dalam Insidious The Red Door yang mulai tayang di seluruh bioskop Indonesia hari ini, Rabu (12/7/2023). - (Dok Sony Pictures)

 

Dirilis 7 Juli 2023, Patrick Wilson, Rose Byrne, dan Ty Simpkins dari Insidious pertama, kembali untuk angsuran terbaru dalam waralaba, dengan debut sutradara fitur Wilson. Dibandingkan dengan film-film dalam seri Insidious lainnya, pendapatan domestik The Red Door berada di tengah dengan 82,1 juta dolar AS (Rp 1,29 triliun).

4. The Nun II

photo
Cuplikan film horor, The Nun II. - (dok. Warner Bros)

 

Waralaba Conjuring yang secara konsisten andal, mencapai puncaknya pada 2018 dengan spin-off The Nun, yang menghasilkan box office global 363,3 juta dolar AS (Rp 5,7 triliun). Sementara pendapatan domestik The Nun II sampai saat ini sekitar 82 juta dolar AS (Rp 1,28 triliun). Filmnya pun masih tayang di bioskop sejak dirilis 8 September 2023.

5. Evil Dead Rise

photo
Salah satu adegan di film Evil Dead Rise. - (Dok. Warner Bros Pictures)

 

Dengan Evil Dead Rise, Warner Bros meraup lebih banyak box office daripada yang mereka rencanakan sebelumnya, sekitar 67,2 juta dolar AS (Rp 1 triliun) untuk pendapatan domestik. Mengingat film ini pada awalnya dijadwalkan untuk dirilis secara streaming saja.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement