Jumat 29 Sep 2023 16:12 WIB

Pemain Harry Potter Berduka atas Meninggalnya Pemeran Dumbledore Michael Gambon

Pemeran Dumbledore di film Harry Potter, Michael Gambon, meninggal dunia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Pemeran Harry Potter (kanan), Hermione (kiri), dan Ron (tengah). Ketiganya mengucapkan duka atas meninggalnya pemeran Dumbledore, Michae
Foto: Warner Bros Pictures.
Pemeran Harry Potter (kanan), Hermione (kiri), dan Ron (tengah). Ketiganya mengucapkan duka atas meninggalnya pemeran Dumbledore, Michae

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pemeran film Harry Potter turun ke media sosial. Mereka memberi penghormatan dan berbagi kenangan indah mereka saat bersama pemeran Dumbledore, Sir Michael Gambon.

Aktor Irlandia ini berperan sebagai Kepala Sekolah Hogwarts, Profesor Album Dumbledore. Dia mengambil alih peran kepala sekolah Hogwarts saat di film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, setelah aktor asli Dumbledore, Richard Harris, meninggal pada 2002.

Baca Juga

Kini, pemeran Profesor Dumbledor meninggal, dan ini menjadi kabar mengejutkan. “Kami sangat terpukul mengumumkan meninggalnya Sir Michael Gambon,” kata sebuah pernyataan atas nama Lady Gambon dan putranya Fergus. 

“Suami dan ayah tercinta, Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya, Anne, dan putranya, Fergus, di samping tempat tidurnya, setelah menderita pneumonia. Michael berusia 82 tahun. Kami meminta kalian semua menghormati privasi kami di saat yang sulit ini, dan terima kasih atas pesan dukungan dan cinta kalian,” kata pernyataan itu lagi. 

 

Banyak para pemeran berkumpul untuk memberikan penghormatan kepada aktor ikonik tersebut. Di antara yang pertama adalah akun resmi Harry Potter di X.

“Kami sangat sedih mendengar meninggalnya Sir Michael Gambon. Dia membawa kegembiraan yang tak terkira kepada para penggemar Harry Potter dari seluruh dunia dengan humor, kebaikan dan ketegasannya. Kami akan selamanya menyimpan kenangannya di hati kami,” tulis akun tersebut.

Pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe mengatakan dalam sebuah pernyataan, dunia menjadi kurang menyenangkan setelah kematian Gambon, melalui Us Weekly.

“Dengan hilangnya Michael Gambon, dunia menjadi kurang menyenangkan. Michael Gambon adalah salah satu aktor paling brilian dan mudah bekerja bersama saya, namun terlepas dari bakatnya yang luar biasa, hal yang paling saya ingat tentang dia adalah betapa menyenangkannya dia dalam melakukan pekerjaannya,” kata Radcliffe dalam US Weekly.

Pemeran Hermione Granger, Emma Watson, mengunggah Instagram Story catatan manis mengenang Gambon. “Michael Gambon yang baik hati. Anda tidak pernah menganggapnya terlalu serius tetapi entah bagaimana menyampaikan momen paling serius dengan segala daya tariknya. Terima kasih telah menunjukkan kepada kami bagaimana rasanya meremehkan kehebatan. Kami akan merindukanmu. Xx,” tulis Watson di samping foto aktor tersebut sebagai Dumbledore.

Sementara itu, Rupert Grint yang berperan sebagai Ron Weasley, membagikan unggahan Instagram bersama Gambon dengan keterangan yang emosional. “Sedih sekali mendengar tentang Michael. Dia membawa begitu banyak kehangatan dan kenakalan setiap hari di lokasi syuting. Dia memikat saya sebagai seorang anak, dan menjadi teladan pribadi saya dalam menemukan kesenangan dan keeksentrikan dalam hidup. Mengirimkan seluruh cintaku kepada keluarganya, Rupert,” tulis dia.

“Saat syuting HP6 (Harry Potter 6), saya bekerja di departemen AD sepanjang syuting (selain hari-hari saya berakting). Karena alasan itu saya menghabiskan banyak waktu dengan Michael selama syuting,” ujar James Phelps, yang memerankan salah satu si kembar Weasley yakni Fred, menulis cuitan di X.

“Dia selalu sangat lucu dan sangat ramah untuk berbagi pengetahuan apa pun yang dia miliki. Suatu hari, kami sedang syuting adegan terakhir menara jam Dumbledore, jelas merupakan adegan yang cukup intens. Di sela-sela pengaturan, Michael bertanya apa yang saya lakukan akhir pekan itu,” ujar Phelps.

Ia bercerita, saat itu, dia dan saudara laki-lakinya sedang membaca Peter and the Wolf di Manchester Halle Orchestra. Lalu Gambon mengatakan, "Apakah kamu membawa naskahnya?" Lalu setelah itu mereka membahas terkait buku itu.

“Jadi kami menghabiskan waktu senggangnya untuk membahas kegiatan akhir pekan saya. Ini adalah kenangan yang selalu saya ingat sebagai salah satu momen paling berkesan di hari-hari saya berada di HP,” ucap dia. 

“Michael Gambon yang luar biasa telah meninggal. Saya belajar akting dari Michael di The Singing Detective, kompleks, rentan, dan benar-benar manusiawi,” tulis Jason Isaacs Lucious Malfoy.

“Kegembiraan terbesar saat berada di film Potter adalah dia mengetahui namaku, dan berbagi rasa senangnya yang tak kenal takut dan kotor denganku. Screen icon dan legend, RIP,” tulis Afshan Azad, yang terkenal karena memainkan peran Padma Patil.

“Mengatakan bahwa saya berbagi layar yang sama dengan pria ini, adalah suatu kehormatan. Pemikiran bersama seluruh keluarga dan teman-temannya, dan juga keluarga Potter kami hari ini. #Selalu,” tulis Azad lebih lanjut.

“Lucu! Seorang aktor yang brilian. Saya melihatnya di panggung beberapa kali, dan dia hidup tak terlupakan dalam ingatan saya. Dia mengambil alih Dumbledore dari ayah saya, yang sangat cocok karena dia mengambil alih Brando sebagai milikku, aktor favorit ayah,” ujar putra Richard Harris, Jared Harris.

Kematian Gambon terjadi hanya sehari setelah Empire State Building di Kota New York menyala dalam berbagai warna untuk menandai 25 tahun Harry Potter. Di X, EmpireStateBldg membagikan gambar gedung pencakar langit tersebut.

“Malam ini diterangi dengan warna merah Gryffindor, hijau Slytherin, kuning Hufflepuff, dan biru Ravenclaw, untuk merayakan 25 tahun keajaiban membaca Harry Potter di AS! #HarryPotter25,” tulis akun itu.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement