Kamis 28 Sep 2023 21:48 WIB

Pemeran Dumbledore di Film Harry Potter Meninggal Dunia, Ini Pernyataan Keluarga

Pemeran Dumbledore, Michael Gambon, meninggal dunia pada usia 82 tahun.

Michael Gambon saat berperan sebagai Profesor Albus Dumbledore (kiri) di film Harry Potter. Gambon meninggal dunia pada usia 82 tahun.
Foto: Dok. Warner Bros
Michael Gambon saat berperan sebagai Profesor Albus Dumbledore (kiri) di film Harry Potter. Gambon meninggal dunia pada usia 82 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aktor pemeran Profesor Albus Dumbledore di film Harry Potter, Michael Gambon, meninggal dunia pada usia 82 tahun setelah menderita pneumonia. Pihak keluarga dari aktor asal Irlandia ini mengonfirmasi berita duka tersebut dalam sebuah pernyataan pada Kamis (28/9/2023) pagi waktu setempat dengan menyatakan:

"Kami sangat terpukul mengumumkan berpulangnya Sir Michael Gambon. Suami dan ayah tercinta, Michael, meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya Anne dan putranya Fergus di samping tempat tidurnya, setelah menderita pneumonia.”

Baca Juga

Karier Gambon yang berlangsung selama enam dekade berawal dari panggung teater. Dia bermain bersama Laurence Olivier yang legendaris. 

Gambon kemudian merambah dunia perfilman dengan penampilan debutnya di Othello pada 1965. Selama bertahun-tahun, perjalanannya di layar telah ditandai dengan peran-peran yang hebat dan terkadang mengintimidasi, termasuk film-film terkenal seperti Layer Cake, The Wings of the Dove, Gosford Park, The King's Speech, serta kolaborasi dengan sutradara Wes Anderson dalam film seperti The Life Aquatic.

Pada 2002, Gambon menerima nominasi Emmy atas penampilannya yang luar biasa sebagai aktor utama dalam serial mini “Path to War”. Ia juga mendapat nominasi Emmy dalam kategori aktor pendukung untuk perannya sebagai Mr Woodhouse di film Emma.

Gambon mendapat pengakuan dengan empat BAFTA TV Awards untuk Aktor Terbaik. Kemenangan pertamanya datang karena peran pentingnya dalam serial “The Singing Detective” pada 1986, yang menandai titik balik dalam kariernya. Dia kemudian menerima penghargaan atas perannya dalam “Wives and Daughters” pada 1999, “Longitude” pada 2000, dan “Perfect Strangers” pada tahun berikutnya. Rentetan penghargaan itu mengukuhkan status Gambon sebagai aktor terkenal di televisi Inggris.

Meski banyak di layar kaca dan layar lebar, tentu saja peran Gambon yang paling terkenal datang kepadanya di akhir-akhir kariernya, yaitu ketika ia mengambil peran Albus Dumbledore, figur panutan Harry Potter dan Kepala Sekolah Sekolah Sihir Hogwarts. 

Dipilih secara pribadi untuk mengambil alih peran Dumbledore di film Harry Potter and The Prisoner of Azkaban setelah kematian aktor Richard Harris, Gambon membawa energi yang lebih muda ke karakter tersebut. Dia berperan sebagai Dumbledore dari 2004 hingga akhir waralaba pada 2011. Gambon memandang peran itu sebagai sesuatu yang menyenangkan pada tahun-tahun terakhirnya. Dia pernah mengatakan, "Pada dasarnya saya bermain sebagai diri saya sendiri, mengenakan kostum. Itu hanya saya,” ujarnya kala itu dikutip dari laman Collider, Kamis (28/9/223).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement