Sabtu 28 Sep 2024 06:47 WIB

Pemeran Film Harry Potter, Dame Maggie Smith, Meninggal Dunia

Dalam film Harry Potter, Dame Maggie berperan sebagai Profesor McGonagall.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Aktris Dame Maggie SMith yang berperan di film Harry Potter meninggal dunia.
Foto: Dok.Warner Bros Pictures
Aktris Dame Maggie SMith yang berperan di film Harry Potter meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Dame Maggie Smith, yang terkenal dengan film Harry Potter dan serial "Downton Abbey", telah meninggal dunia pada usia 89 tahun. Kematian Maggie Smith diumumkan oleh keluarganya pada Jumat (27/9/2024).

"Dengan sangat sedih kami harus mengumumkan kematian Dame Maggie Smith. Beliau meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit pada pagi hari ini, Jumat 27 September," kata putra mendiang, Toby Stephens dan Chris Larkin, seperti dilansir BBC, Sabtu (28/9/2024).

Baca Juga

Sebagai legenda panggung dan layar lebar Inggris, ia memenangkan dua Oscar selama kariernya yaitu untuk "The Prime of Miss Jean Brodie" pada tahun 1970 dan "California Suite" pada tahun 1979. Dia memiliki empat nominasi lainnya, dan menerima delapan penghargaan BAFTA.

Dalam film Harry Potter, Dame Maggie berperan sebagai Profesor Minerva McGonagall, seorang penyihir dengan topi runcing yang terkenal karena sikapnya yang keras dan tegas terhadap para penyihir muda di Hogwarts. Adapun dalam drama ITV yang terkenal, "Downton Abbey", ia memerankan Violet Crawley, sosok matriark yang dikenal karena dialog-dialog tajamnya di sepanjang enam musim.

Aktor lawan mainnya telah memberikan penghormatan terakhir untuk Maggie Smith. Hugh Bonneville, yang tampil di Downton Abbey, menyampaikan duka cita atas kepergian Maggie Smith. Ia pun mengatakan bahwa mendiang adalah seorang aktris yang memiliki kemampuan akting cemerlang.

"Siapapun yang pernah berbagi adegan dengan Maggie akan mengakui kecerdasannya, selera humor, dan bakatnya yang luar biasa," kata Bonneville.

Selain Harry Potter dan Downton Abbay, beberapa peran ikonik Maggie Smith termasuk film "A Room With a View" yang dirilis tahun 1985, di mana ia berperan sebagai Charlotte Barlet. Peran tersebut membawanya meraih nominasi Oscar dan Golden Globe.

Kariernya dimulai di dunia teater, namun ia mendapatkan nominasi BAFTA pertamanya dalam film melodrama tahun 1958, "Nowhere to Go". Pada tahun 1963, Laurence Olivier memilihnya untuk memerankan Desdemona dalam pertunjukan "Othello" di National Theatre. Dua tahun kemudian, pertunjukan tersebut diadaptasi menjadi film, dan Smith dinominasikan untuk mendapatkan Piala Oscar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement