Sabtu 12 Aug 2023 17:33 WIB

Bintang Rock Korea Yoon Do-hyun Berjuang Lawan Kanker 3 Tahun, Bagaimana Kondisinya Kini?

Yoon Do-hyun sudah 3 tahun menjalani terapi kanker kelenjar getah bening.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi legendaris Korea Selatan, Yoon Do-hyun. Yoon Do-hyun mengejutkan publik dengan kabar bahwa selama 3 tahun terakhir dia berjuang melawan kanker getah bening.
Foto: Instagram/@ybrocks
Penyanyi legendaris Korea Selatan, Yoon Do-hyun. Yoon Do-hyun mengejutkan publik dengan kabar bahwa selama 3 tahun terakhir dia berjuang melawan kanker getah bening.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penyanyi legendaris Korea Yoon Do-hyun mengejutkan publik. Dia datang dengan kabar memprihatinkan sekaligus melegakan. 

Dia bercerita sudah tiga tahun menjalani terapi melawan kanker kelenjar getah bening yang diidapnya, namun kini dikonfirmasi dokter bahwa sel kankernya telah hilang. Pada 10 Agustus 2023, Yoon Do-hyun mengunggah foto dirinya di Instagram, dalam balutan baju rumah sakit dan masker, serta keterangan foto yang panjang. Dia memulai keterangan dengan mengatakan butuh keberanian untuk mengumumkan berita ini, dan mengungkapkan bahwa dia didiagnosis menderita kanker pada 2021.

Baca Juga

“Saya ingat musim panas 2021 ketika latihan musikal Gwanghwamun Sonata baru saja dimulai. Setelah pemeriksaan kesehatan, saya mendengar kata ‘kanker’. Nama penyakit yang sebenarnya adalah gastric MALT lymphoma, salah satu jenis limfoma,” kata dia.

Meski awalnya kaget, ia menerima kenyataan itu sembari mencoba menenangkan diri dan rajin menjalani pengobatan selama dua tahun. Awalnya selama dua pekan, ia rajin menjalani pengobatan tetapi gagal. Lalu ia memutuskan untuk menjalani terapi radiasi, dan selama sekitar satu bulan, ia pergi ke rumah sakit setiap pagi untuk perawatan yang cukup berat.

 

“Proses ini berlangsung dari 2021 hingga beberapa hari yang lalu di musim panas 2023,” kata penyanyi rock dan folk rock yang memulai debutnya sebagai solois pada 1994 dan sebagai anggota Yoon Do-hyun Band (DB) yang populer pada 1996. 

Yoon Do-hyun memutuskan untuk tidak mengungkapkan diagnosis kankernya karena tidak ingin menambah kekhawatiran para penggemarnya. Dia mengungkapkan, baru memberi tahu orang tuanya belum lama ini. Namun kini, dia memutuskan untuk membagikan berita tersebut karena telah dikonfirmasi bahwa sel kankernya telah hilang.

“Dua hari yang lalu, setelah sekitar tiga tahun berjuang, saya akhirnya menerima konfirmasi bahwa sel kankernya telah hilang,” kata Yoon Do-hyun.

Ia mengakui bahwa tiga tahun terakhir ini terasa sangat panjang dan tidak pasti, namun ia percaya bahwa pola pikir negatif lebih berbahaya daripada sel kankernya, sehingga ia terus mendorong dirinya untuk tidak berpikiran negatif. Dari pengalamannya, ia menyadari bahwa pola pikir negatif bahkan lebih berbahaya daripada sel kanker.

“Dengan hati yang positif, saya membagikan ini, dengan harapan kalian dapat mengatasi semua hal negatif. Untuk kalian semua, tolong jangan memilih rasa takut dan isolasi. Cukup berusaha setiap hari untuk menyembuhkan dan mendapatkan kembali kesehatan kalian,” ucap dia lagi.

Menanggapi kesulitan yang dialami penyanyi itu, sesama bintang mengomentari unggahan tersebut dengan cinta dan dukungan mereka. Mantan kontestan Produce 101 Season 2 dan anggota Wanna One, Kim Jaehwan, meninggalkan pesan untuk seniornya. “Hyung, kerja bagus atas kerja kerasmu (emoji love merah),” tulis dia mengomentari.

Sunbae (senior), saya sangat menghormatimu.. Selamat atas pemulihan penuhmu!," tulis Ahn Ji Young dari BOL4.

Artis solo populer Younha juga menunjukkan ucapan selamatnya. “Hore!!! Selamat atas pemulihan penuhmu!!” tulis dia. Di sisi lain, tak terhitung banyaknya aktor, penyanyi, komedian, dan entertainer yang menunjukkan cinta mereka kepada Yoon Do-hyun, menunjukkan pengaruhnya dalam industri musik dan hiburan.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement