Rabu 02 Aug 2023 16:04 WIB

Ayah Jangan 'Malas' Urus Anak, Ini Manfaatnya Jika Ikut Mengurus Buah Hati

Kegiatan mengasuh anak bukan hanya tugas ibu, melainkan juga ayah.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Ayah mengurus anak (ilustrasi). Ada beberapa manfaat yang didapat jika ayah ikut mengurus anak.
Foto: MGROL100
Ayah mengurus anak (ilustrasi). Ada beberapa manfaat yang didapat jika ayah ikut mengurus anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengasuhan anak bukan hanya menjadi tanggung jawab ibu saja. Peran ayah juga sangat penting dalam tumbuh kembang buah hati. 

Selama ini, sosok ayah lekat dengan peran sebagai pencari nafkah keluarga atau sosok di balik layar. Belum semua ayah menyadari bahwa kehadirannya sama penting dan juga sejajar dengan kaum ibu.

Baca Juga

"Perbedaannya, ayah hanya tak bisa hamil, melahirkan, dan menyusui," kata mom influencer Nadia dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Nadia mengatakan, kegiatan mengasuh anak adalah tugas kedua orang tua. "Tugas mengasuh bukan hanya diberikan kepada ibu. Ayah juga harus berperan dalam mengasuh anak. Sebab, semua anak memiliki hak untuk dapat pengasuhan dan bimbingan dari kedua orang tuanya,” kata Nadia.

 

Pengasuhan anak yang juga dilakukan oleh ayah memiliki cukup banyak manfaat. Kehadiran ayah dalam keluarga memiliki peran yang penting dalam membentuk identitas anak. Ayah berperan sebagai sosok panutan, pelindung, dan pemimpin keluarga.

Keberadaan ayah juga memberikan kontribusi yang unik dalam hal interaksi, pendidikan, dan nilai-nilai yang ditransmisikan kepada anak. Sebab, kehadiran ayah dan ibu sebagai keluarga merupakan tempat kali pertama seorang anak merasakan kasih sayang orang tua.

Keluarga adalah tempat menanam, merawat kasih sayang, dan belajar mempraktikkan hati yang melayani. Keluarga adalah tempat untuk bisa mengisi energi yang habis agar dapat melanjutkan karya lagi. Berkaca dari hal ini, Vier Moments menggelar talkshow edukasi tentang "Pentingnya Peran Ayah dalam Keberhasilan Parenting".

Vier Moments adalah sebuah Family & Holiday Photography Vendor di Bali yang menyediakan jasa dokumentasi momen di bidang foto dan video. Tujuan Vier Moments menggelar edukasi tentang parenting adalah mewujudkan keharmonisan keluarga. Apalagi, audiens Vier Moments sebagian besar adalah keluarga.

“Alasan Vier Moments memilih tema 'Pentingnya Peran Ayah dalam Keberhasilan Parenting' lantaran adanya fakta bahwa Indonesia menempati peringkat ke-3 fatherless di dunia. Melalui tema live session ini, kita dapat meningkatkan peran ayah dalam parenting sehingga anak-anak bisa merasakan kehadiran sosok ayah selalu di sekitar mereka,” ujar Dhika Ananta Prawira, pemilik Vier Moments.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement