Kamis 13 Jul 2023 00:23 WIB

Minum Kopi Setiap Hari Bisa Turunkan Berat Badan?

Banyak orang mengawali hari dengan minum kopi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman kopi hitam (ilustrasi). Orang yang tidak terbiasa mengasup kafein tidak ada gunanya memulainya dengan harapan menurunkan berat badan.
Foto: Pixabay
Minuman kopi hitam (ilustrasi). Orang yang tidak terbiasa mengasup kafein tidak ada gunanya memulainya dengan harapan menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda termasuk orang yang minum kopi setiap hari? Anda mungkin akan merasa bahagia mengetahui kabar ini. Sebab, minuman berkafein yang sering digunakan untuk meningkatkan energi di pagi hari itu dilaporkan juga memiliki beberapa manfaat kesehatan.

David Wiener, spesialis pelatihan dan nutrisi di Freeletics, menjelaskan bahwa kopi dapat membantu menurunkan berat badan. Dia mengatakan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme sekitar 3 hingga 11 persen.

Baca Juga

Semakin tinggi laju metabolisme, semakin mudah bagi Anda untuk membakar lemak. Ujungnya, berat badan akan turun. Namun, Wiener menuturkan, Anda tidak akan menurunkan berat badan hanya dengan minum kopi.

"Dengan rencana penurunan berat badan apa pun, Anda perlu menggabungkan latihan kardiovaskular, latihan kekuatan, dan mengasup makanan yang sehat dan bergizi untuk dapat menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan berkelanjutan," ujar Weiner, dilansir Express, Rabu (12/7/2023).

 

Satu studi, yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and, Nutrition, menganalisis 13 uji coba yang melihat hubungan antara konsumsi kopi dan penurunan berat badan pada lebih dari 600 peserta. Semakin banyak kafein yang dikonsumsi, semakin besar penurunan indeks massa tubuh, massa lemak, dan berat badan.

Weiner menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, meta-analisis saat ini menunjukkan bahwa asupan kafein dapat meningkatkan berat badan, indeks massa tubuh, dan pengurangan lemak tubuh. Namun, ia memperingatkan bahwa dalam beberapa kasus efek kafein pada tidur sebenarnya bisa memiliki efek sebaliknya.

"Ada juga beberapa penelitian tentang kafein dan efeknya terhadap penambahan berat badan, dengan beberapa peminum kafein membuktikan memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan sulit tidur, dan dengan penurunan berat badan, tidur adalah salah satu faktor terpenting untuk memastikan hasil penurunan berat badan," katanya.

Wiener juga menyarankan Anda sebaiknya menikmati kopi jika itu sesuai dengan Anda dan gaya hidup Anda, mengingat penelitian campuran kafein dan penurunan berat badan tidak menghasilkan jawaban konklusif. Menurutnya, jika Anda bukan peminum kafein, tidak ada gunanya mengambil kebiasaan tersebut dengan harapan akan membuat berat badan turun.

Selain itu, Wiener berbicara tentang aturan minum kopi. Baginya, minum kopi setiap hari seharusnya tidak menjadi masalah jika Anda mencoba menurunkan berat badan, selama Anda cukup berolahraga dan memasukkan makanan bergizi ke dalam hari Anda juga.

Namun, jika Anda memiliki penyakit jantung, Weiner tidak akan merekomendasikan minum kopi setiap hari. Sebab, kafein dapat meningkatkan tekanan darah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement