Kamis 13 Jul 2023 00:23 WIB

Minum Kopi Setiap Hari Bisa Turunkan Berat Badan?

Banyak orang mengawali hari dengan minum kopi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman kopi hitam (ilustrasi). Orang yang tidak terbiasa mengasup kafein tidak ada gunanya memulainya dengan harapan menurunkan berat badan.
Foto:

Terlalu banyak kafein dapat memiliki efek negatif. Weiner mengusulkan orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan untuk minum kopi asal tidak melebihi batas yang disarankan, yakni 400 mg kafein. Jika berlebihan, ini bisa mengakibatkan efek buruk dan merugikan kesehatan.

"Namun, penting untuk diingat bahwa kopi bukanlah satu-satunya sumber kafein, dan tanpa menyadarinya Anda dapat mengonsumsinya melalui teh, minuman berenergi, dan soda," katanya.

Di sisi lain, Weiner mengungkap jenis kopi terbaik untuk diminum ketika Anda ingin menurunkan berat badan. Pilihan terbaik ialah kopi tanpa tambahan krim, gula, sirup, dan sebagainya.

Faktanya, menambahkan terlalu banyak krim, gula, dan sirup dapat meredam efek antioksidan dan antiinflamasi kopi. Weiner menyebut memilih sirup bebas gula, susu rendah lemak, dan alternatif gula alami akan menjadi jenis kopi terbaik untuk membantu Anda menurunkan berat badan bersamaan dengan diet sehat dan seimbang.

"Hanya saja, jangan mengandalkan kopi sebagai dasar program penurunan berat badan Anda," ujar Weiner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement