Jumat 07 Jul 2023 19:40 WIB

Justru Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Lain Cokelat untuk Kesehatan

Cokelat juga memiliki banyak nilai baik untuk kesehatan tubuh.

Cokelat menghadirkan banyak manfaat untuk kesehatan/ Ilustrasi
Foto: Reuters
Cokelat menghadirkan banyak manfaat untuk kesehatan/ Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, cokelat juga memiliki banyak nilai baik untuk kesehatan tubuh. Pada Hari Cokelat Sedunia yang diperingati setiap tahun pada 7 Juli, Tokopedia bersama Dokter Gizi, dr Elfina Rachmi, M.Gizi, SpGK, pun mengungkapkan berbagai manfaat cokelat bagi kesehatan.

 

Baca Juga

1. Mencegah penyakit jantung dan menurunkan darah tinggi

“Cokelat mengandung senyawa kimia yang dapat membantu sistem kardiovaskuler menjadi lebih lancar. Bahkan dengan mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam–yang kaya akan kandungan mineral, seperti zat besi, magnesium dan zinc–maka bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung hingga menurunkan darah tinggi,” ujar dr Elfina.

 

2. Menurunkan berat badan dan mencegah penuaan dini

Cokelat cenderung dianggap sebagai pemicu kenaikan berat badan. “Padahal jika dikonsumsi dalam porsi secukupnya, yaitu 30-50 gram per hari, cokelat hitam bisa membantu menurunkan berat badan. Cokelat mampu meningkatkan sensitivitas hormon leptin yang memicu rasa kenyang serta mengurangi hormon ghrelin yang dapat mengurangi rasa lapar,” ujar dr Elfina.

“Selain menurunkan berat badan, cokelat memiliki kandungan flavonoid serta antioksidan alami untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke otak hingga mencegah demensia dan penuaan dini,” kata dr Elfina.

Masker berbasis bubuk cokelat juga bisa dimanfaatkan sebagai pencerah kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari. Hal ini karena kandungan pada cokelat dapat membantu merangsang sel-sel kulit untuk regenerasi dan menurunkan produksi pigmen. “Di Tokopedia sendiri, penjualan produk masker wajah dengan bubuk cokelat naik lebih dari 5 kali lipat,” ujar Category Development Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata, dalam siaran pers, Jumat (7/7/2023).

 

3. Menenangkan pikiran dan meningkatkan mood 

Cokelat dikenal mampu memperbaiki mood. “Khasiat cokelat ini diperoleh dari beberapa kandungan cokelat yang memiliki efek antidepresan, seperti endorfin dan serotonin, sehingga dapat meningkatkan dan menjaga keseimbangan mood,” kata dr Elfina bersama Tokopedia.

“Animo masyarakat dalam mengonsumsi makanan berbahan dasar cokelat cenderung tinggi. Terlihat dari tren belanja online, misalnya cookies cokelat. Jumlah pembeli cookies cokelat di Tokopedia meningkat lebih dari 1,5 kali lipat selama kuartal II 2023,” ujar Sherine.

sumber : Siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement