Sabtu 08 Jul 2023 00:14 WIB

Risiko Ini Dihadapi Penumpang Pesawat yang Duduk di Kursi Dekat Jendela

Kursi dekat jendela termasuk favorit banyak orang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penumpang duduk di kursi dekat jendela pesawat (ilustrasi).
Foto:

Secara umum, kebanyakan kaca bahkan sama sekali tidak menyaring UVA. Itu sebabnya Holman mengingatkan pentingnya memakai tabir surya untuk melindungi dari sinar berbahaya.

Penumpang pesawat pun tidak luput dari anjuran. Sebab, UVA bisa menembus lebih dalam ke kulit.

Tabir surya penting untuk dipakai setiap hari, baik sedang bepergian dengan pesawat atau tidak. Sebagai dokter kulit, Holman mendorong semua pasiennya untuk memakai tabir surya sebagai kebiasaan sehari-hari.

Pilih tabir surya dengan label "spektrum luas", yang berarti melindungi dari sinar UVA dan UVB. Di samping itu, ada orang-orang tertentu yang harus lebih berhati-hati dengan paparan sinar matahari.

Orang-orang dengan kulit cerah, orang dengan kondisi medis yang kulitnya rentan terpengaruh akibat sinar matahari, dan orang yang sedang menjalani pengobatan, sehingga lebih peka, dan orang dengan riwayat kanker kulit dalam keluarga. Di luar tabir surya, Holman menekankan bahwa perlindungan lain juga bermanfaat.

"Memakai topi, pakaian pelindung matahari, kacamata hitam, semua hal itu penting untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet," tutur Holman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement