Ahad 25 Jun 2023 16:05 WIB

Cuaca Panas, Ini Rahasia Wajah Tetap Segar dan Glowing

Saat cuaca panas, seseorang umumnya harus touch up makeup berkali-kali.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perawatan kulit dasar merupakan pondasi utama untuk menjaga kesehatan kulit. Penggunaan tabir surya pun menjadi hal penting terutama saat cuaca panas/ilustrasi.
Foto: Republika/Prayogi
Perawatan kulit dasar merupakan pondasi utama untuk menjaga kesehatan kulit. Penggunaan tabir surya pun menjadi hal penting terutama saat cuaca panas/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Makeup dan skincare kini telah menjadi produk esensial yang selalu digunakan setiap hari, baik untuk melengkapi penampilan maupun merawat diri. Namun, ada beberapa faktor seperti cuaca, kelembapan kulit, hingga jenis kegiatan yang dapat membuat makeup cepat luntur.

Alhasil, saat cuaca panas, seseorang umumnya harus touch up makeup berkali-kali, yang terkadang malah membuat wajah jadi terlihat tidak lagi segar. Lantas, bagaimana agar wajah kita tetap segar bahkan glowing meski cuaca panas?

Baca Juga

Simak tips dari Shopee berikut ini agar dapat tampil segar setiap hari:

1. Bersihkan wajah, gunakan pelembab, dan tabir surya

Perawatan kulit dasar merupakan pondasi utama untuk menjaga kesehatan kulit. Pentingnya basic skincare tidak dapat diabaikan, karena dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kulit kita.

Dengan membersihkan, menutrisi, dan melindungi kulit secara teratur, kita dapat mengurangi risiko masalah kulit seperti jerawat, penuaan dini, hiperpigmentasi, dan dehidrasi. Perawatan dasar juga membantu menjaga keseimbangan kelembaban dan kehalusan kulit, serta meningkatkan tekstur dan tampilan keseluruhan.

Langkah pertama dari perawatan dasar adalah memastikan kulit wajah kamu bersih dengan menggunakan pembersih, sebaiknya cari produk pembersih yang lembut dan bisa membersihkan wajah kamu sekaligus membantu memberikan hidrasi. Selanjutnya, jangan lupa untuk gunakan pelembab yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu.

Tahap terakhir dari perawatan dasar  yang masih sering diabaikan adalah menggunakan tabir surya, tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tabir surya juga menjadi langkah pertama untuk mencegah penuaan dini.

 

2. Gunakan produk yang tepat agar makeup tahan seharian

Setelah sudah memiliki basic skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, kini saatnya kamu memilih produk-produk makeup yang ringan namun tetap tahan lama seharian meskipun harus beraktivitas di cuaca yang panas. Untuk langkah awal, jangan sampai lewatkan tahap primer yang bisa membuat makeup kamu lebih menempel di kulit dan terlihat lebih flawless.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan base makeup yang ringan seperti cushion agar tetap terlihat segar. Di tahap terakhir, gunakan bedak tabur yang dapat membantu mengunci dan menyempurnakan makeup agar awet seharian.

 

3. Lengkapi makeup Anda dengan riasan mata

Pentingnya memilih riasan mata yang bagus akan sangat mempengaruhi bagaimana hasil makeup kamu, sebab semua makeup pun berpusat pada mata. Apalagi kalau kamu cocok memilih riasan mata dengan warna yang juga cocok untuk kamu padu padankan dengan mood kamu, pasti semua terlihat bagus.

Untuk mempercantik riasan mata, kamu bisa menggunakan eyeshadow dan eyeliner yang bisa membuat mata menjadi lebih cantik, terlihat segar dan hidup. Jangan lupa juga, berikan sentuhan akhir pada mata dengan menggunakan Mascara untuk dapatkan tampilan bulu mata yang terlihat lebih panjang dan lentik.

 

4. Pastikan makeup lebih tahan lama dengan setting spray

Untuk mendapatkan hasil riasan yang flawless dan tahan lama, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyemprotkan setting spray ke wajah. Biasanya setting spray dijadikan sebagai produk penutup untuk mengunci riasan. Sebab, setting spray dapat mengontrol produksi minyak pada kulit wajah sehingga makeup-mu akan lebih tahan lama tidak mudah luntur. Tidak hanya itu, setting spray juga dapat meningkatkan tampilan riasan wajah dengan menciptakan hasil akhir yang diinginkan, baik itu dewy, matte, atau glowing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement