Sabtu 24 Jun 2023 09:59 WIB

Penyebab Wajah Terlihat Lebih Tua dari Usia Asli, Bisa Jadi karena Kebiasaan Buruk Ini

Ada sejumlah kebiasaan yang membuat wajah seseorang bisa terlihat lebih tua dari usia

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Keriput di wajah (ilustrasi). Keriput merupakan salah satu tanda penuaan. Ada beberapa penyebab seseorang terlihat lebih tua dari usia aslinya.
Foto: www.freepik.com
Keriput di wajah (ilustrasi). Keriput merupakan salah satu tanda penuaan. Ada beberapa penyebab seseorang terlihat lebih tua dari usia aslinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penuaan adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Siapa pun bakal mengalaminya, termasuk aktor Jet Li yang belakangan dianggap terlihat jauh lebih tua dari usianya.

Warganet menyebut aktor 60 tahun itu kini sudah terlihat seperti kakek-kakek berusia 80 tahun. Sebetulnya, penuaan bukan hal buruk, justru sangat alami dan manusiawi. Namun, seseorang tentu tidak ingin menua sebelum waktunya.

Baca Juga

Dikutip dari laman Everyday Health, Sabtu (24/6/2023), ada sejumlah kebiasaan yang membuat wajah seseorang bisa terlihat lebih tua dari usianya. Berikut ini kebiasaan yang harus dihindari, dan kebiasaan sehat yang bisa dilakukan supaya terlihat awet muda:

1. Kurang tidur

 

Asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai School of Medicine di New York City, Amerika Serikat, Jeannette Graf, mengingatkan pentingnya tidur untuk proses regenerasi sel kulit. Kurang tidur dapat mengimbas kesehatan kulit dan memicu tanda-tanda penuaan dini.

Untuk menghindarinya, pastikan tidur cukup setiap malam. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari agar tubuh mengikuti jadwal. Batasi jumlah kafein yang dikonsumsi pada sore hari supaya mudah terlelap di malam hari.

2. Stres

Dokter kulit dan psikiater bersertifikat yang berbasis di New York City, Amy Wechsler, mengatakan stres kronis dapat mempercepat proses penuaan. Itu karena hormon stres (kortisol) memecah kolagen, yang menyebabkan kulit kendur dan keriput, serta memicu peradangan.

Solusinya, kendalikan stres dengan perubahan gaya hidup, konsumsi makanan sehat, serta tidur cukup dan berkualitas. Cari tahu apa yang benar-benar membantu rileks dan lakukan itu secara teratur.

3. Sering menggosok mata

Kebiasaan ini dapat berkontribusi pada munculnya lingkaran hitam, garis-garis halus, dan kerutan di sekitar area mata. Ini kerap dilakukan pasien eksim, yang mungkin menggosok mata secara berlebihan karena gatal dan iritasi.

Dokter kulit bersertifikat di New York City, Paul Jarrod Frank, mengatakan menggosok mata terus menerus dapat meningkatkan peradangan di area tersebut. Penyebab paling umum lainnya dari menggosok mata berlebihan karena gatal adalah alergi, jadi kunjungi dokter kulit untuk mendiagnosis dan mengobati gejala.

4. Salah memilih sabun

Kulit kering akibat salah memilih produk sabun juga berkontribusi terhadap penuaan dini, karena keriput jadi lebih jelas terlihat. Produk yang kurang disarankan yakni sabun batangan yang mengandung deterjen keras, sehingga menghilangkan minyak alami kulit.

Pilihan sabun sangat penting bagi pemilik kulit sensitif, juga untuk orang yang mengidap eksim atau rosacea. Gunakan pembersih yang menghidrasi (ada kata "lembut" dan "melembapkan" pada label), dan hindari produk yang mengandung alkohol, wewangian, retinoid, atau asam alfa hidroksi.

5. Jarang memakai tabir surya

Untuk melindungi kulit dari penuaan dini, SPF adalah rajanya. Namun, jangan hanya mengandalkan produk riasan yang mengandung SPF untuk memblokir sinar UV. Perlu pemakaian tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UVA maupun UVB.

Dokter kulit bersertifikat Dee Anna Glaser menyarankan untuk mengoleskan tabir surya dengan SPF spektrum luas sebelum merias wajah. Spektrum luas berarti produk tersebut melindungi kulit dari sinar UVA (yang berkontribusi pada penuaan kulit) dan sinar UVB (yang dapat menyebabkan kulit terbakar).

Ada pun kebiasaan lain yang bisa membuat tanda penuaan dini lekas terlihat adalah sering minum pakai sedotan, mengabaikan perawatan leher dan tangan, serta tidak memakai kacamata hitam saat matahari terik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement