Jumat 07 Jul 2023 23:36 WIB

LBH APIK: Denise Chariesta Contoh Korban Kekerasan dalam Pacaran

Pria yang menghamili Denise disebut harus dikejar pertanggungjawabannya.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Selebgram Denise Chariesta menggalang dana untuk biaya persalinan dan membesarkan anaknya karena pasangannya tidak mau bertanggung jawab.
Foto:

Dengan kondisi tersebut, Ratna mengingatkan publik bahwa keputusan mempertahankan kehamilan di luar pernikahan berat bagi setiap perempuan, termasuk Denise.

"Sangat berat (kondisi Denise), apalagi si laki-lakinya lari dari tanggung jawabnya," ujar Ratna.

Sementara itu, Komnas Perempuan menyinggung bahwa keputusan seperti yang diambil Denise tak diambil dengan mudah. Sang ibu perlu berpikir matang untuk mempertahankan kehamilan yang terjadi di luar perkawinan.

"Saya pikir pilihan DC untuk meneruskan kehamilan dan menyayangi anaknya adalah keputusan yang harus kita hormati," kata Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi kepada Republika.co.id, Jumat (7/7/2023).

Aminah menyampaikan Denise tidak berada dalam posisi yang mudah pada saat ini ketika melanjutkan kehamilannya tanpa pasangannya. Sebab, Denise bakal menghadapi berbagai masalah atas kehamilan tanpa perkawinan itu.

"Tidak mudah bagi perempuan untuk memiliki dan membesarkan anak di luar perkawinan," ucap Aminah.

Salah satu masalahnya menyangkut status si anak tersebut ke depannya. Aminah juga mengungkapkan stigma negatif yang bakal dihadapi Denise beserta anaknya di kemudian hari.

"(Akan jadi masalah) Baik dari status hukum anak, stereotip, sampai pem-bully-an yang diterima perempuan atau anaknya kelak," ujar Aminah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement