Senin 26 Jun 2023 04:11 WIB

Berpeluang Kena Serangan Jantung, Siapkan Langkah Ini Dulu

Memilih rumah sakit yang tepat untuk penanganan jantung adalah keputusan penting.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Untuk orang yang berpotensi terkena serangan jantung, memilih rumah sakit yang tepat untuk menangani penyakitnya adalah hal yang penting dilakukan segera/ilustrasi.
Foto: Foto : MgRol_92
Untuk orang yang berpotensi terkena serangan jantung, memilih rumah sakit yang tepat untuk menangani penyakitnya adalah hal yang penting dilakukan segera/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Jika seorang pasien mengalami serangan jantung, terdapat waktu sekitar 30 menit untuk penanganannya. Dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (25/6/2023), Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Kardiologi Intervensi Rumah Sakit Jantung Diagram Siloam Cinere, dr Sidhi Laksono Purwowiyoto, SpJP (K), FIHA mengungkapkan memilih rumah sakit yang tepat untuk penanganan jantung adalah keputusan yang penting dan memerlukan beberapa pertimbangan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan :

Baca Juga

1. Kredibilitas rumah sakit

Dokter Sidhi mengatakan agar Anda memastikan rumah sakit yang dipilih memiliki sertifikasi atau akreditasi dari badan tertentu (seperti JCI/ KARS/ ISO) yang menunjukkan standar kualitas dan keselamatan yang tinggi.

 

2. Ketersediaan dokter spesialis jantung

Pastikan rumah sakit memiliki tim medis yang berpengalaman dan terlatih dalam merawat pasien dengan masalah jantung, baik dokter spesialis jantung maupun tim pendukung untuk penanganan jantung yang lengkap.

 

3. Fasilitas yang baik

Pastikan rumah sakit memiliki fasilitas yang memadai dan modern seperti laboratorium kateterisasi (Catheterization Lab), unit perawatan intensif jantung, ruang operasi jantung terkini, ruang perawatan jantung, dan lainnya.

 

4. Teknologi terkini

Pastikan bahwa rumah sakit memiliki peralatan yang cukup untuk mendeteksi masalah jantung, seperti EKG, ekokardiogram, CT Scan jantung, dan MRI jantung.

 

5. Lokasi

Pilihlah rumah sakit yang mudah diakses dan mudah dicapai oleh pasien atau keluarga pasien.

 

6. Reputasi

Baca ulasan dan pertimbangkan opini dari pasien atau keluarga pasien sebelumnya yang telah menggunakan layanan rumah sakit tersebut.

 

Salah satu rumah sakit yang mampu mengatasi serangan jantung adalah RS Jantung Diagram Siloam Cinere. Rumah sakit ini mengeklaim memiliki kelengkapan untuk semua tindakan terkait dengan serangan jantung. Pelayanan jantung juga tersedia 24 jam, demikian juga dokter spesialis jantung yang siap untuk melakukan tindakan sesuai assessment.

Dokter Sidhi mengatakan jika seorang pasien mengalami serangan jantung, terdapat waktu sekitar 30 menit untuk penanganannya, maka di RS Jantung Diagram Siloam Cinere kesiapan untuk penanganan tersebut sangatlah mampu diandalkan dengan didukung oleh tenaga medis yang siap siaga selalu, kompeten, dan juga peralatan teknologi pemeriksaan yang canggih. "Sehingga tidak memakan waktu lama, penanganan pasien serangan jantung dapat langsung ditangani oleh dokter dan tenaga medis lainnya,” ujar dr Sidhi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement