Senin 12 Jun 2023 20:23 WIB

Penyebab Sendawa Terus-menerus, Salah Satunya karena Telan Banyak Udara

Beberapa orang dengan kecemasan menelan banyak udara sebagai respons kecemasan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Pria mengamai sendawa yang terus-menerus. (ilustrasi). Setidaknya ada lima alasan Anda mungkin terus-menerus bersendawa.
Foto: www.freepik.com
Pria mengamai sendawa yang terus-menerus. (ilustrasi). Setidaknya ada lima alasan Anda mungkin terus-menerus bersendawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa budaya, bersendawa setelah makan justru menjadi bentuk sanjungan tertinggi. Di Cina misalnya, sendawa memberi tahu koki bahwa Anda menikmati makanan dan merasa kenyang dengan nyaman.

Namun, bersendawa tidak selalu merupakan hal baik. Berikut ini adalah lima alasan Anda mungkin terus-menerus bersendawa dan apa yang harus dilakukan:

Baca Juga

1. Anda menelan terlalu banyak udara

Salah satu penyebab paling umum untuk bersendawa adalah menelan terlalu banyak udara. Kondisi yang disebut aerophagia ini dapat terjadi saat Anda berbicara terlalu cepat, makan atau minum terlalu cepat, merokok, atau mengunyah dan menghisap permen keras. Selain itu, beberapa orang dengan kecemasan menelan banyak udara  sebagai respons terhadap kecemasan mereka.

Ahli gastroenterologi di NYU Langone Health, Lisa Ganjhu, menyamakan aerophagia dengan meniup balon. “Perut penuh dengan udara hingga titik kritis kemudian bersendawa atau berlanjut ke usus kecil, yang kemudian menimbulkan sensasi kembung, lalu masuk ke usus besar lalu keluar rektum sebagai flatus (kentut),” kata Ganjhu.

2. Anda mengonsumsi makanan atau minuman tertentu

Makanan dan minuman tertentu diketahui membuat perut Anda bergelembung. Secara umum, makanan yang kaya karbohidrat menyebabkan lebih banyak gas, sedangkan lemak dan protein cenderung membuat Anda bersendawa.

Menurut Mayo Clinic, buncis, kacang polong, lentil, dan kol adalah "pelanggar penyebab gas" yang umum. Legum dikemas dengan serat dan pati yang sulit dipecah oleh tubuh kita.

Faktanya, kita mengandalkan fermentasi bakteri untuk mencernanya, yang bisa menjadi penghasil gas yang besar. Minuman berkarbonasi juga berkontribusi. “Semua gas dalam minuman berkarbonasi terkumpul di perut. Peregangan merangsang sendawa untuk mengeluarkan udara,” kata Ganjhu seperti dilansir laman HuffPost, Senin (12/6/2023).

3. Anda menderita GERD

Penyakit gastroesophageal reflux adalah pemicu sendawa lainnya yang diketahui. Dengan GERD, asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan mulas, kesulitan menelan dan nyeri dada.

Akibatnya, beberapa orang dengan GERD tanpa sadar menelan terlalu banyak untuk membersihkan isi kerongkongan mereka. Udara itu bisa terperangkap dan membuat Anda ingin bersendawa. “Refluks isi lambung inilah yang menyebabkan gejala khas GERD, mulas dan/atau rasa regurgitasi,” ujar dr Brooks Cash, kepala gastroenterologi di UTHealth Houston.

4. Anda memiliki masalah motilitas lambung

"Gangguan motilitas lambung adalah penyebab lain dari bersendawa berlebihan, yang paling umum adalah kondisi yang disebut gastroparesis," kata Cash.

Gastroparesis merusak otot perut dan saraf serta memperlambat pencernaan di saluran pencernaan. Akibatnya, makanan duduk di perut Anda untuk waktu yang lama, membuat Anda merasa kenyang setelah makan makanan dalam jumlah kecil dan seperti Anda benar-benar perlu bersendawa. “Jika perut sudah penuh, tekanan berlebih itu perlu dilepaskan sehingga udara pun keluar,” kata Ganjhu.

5. Anda memiliki intoleransi makanan

Bersendawa adalah gejala umum intoleransi makanan seperti intoleransi laktosa, intoleransi gluten, dan malabsorpsi fruktosa. Dengan intoleransi, usus tidak dapat memecah makanan tertentu dengan baik sehingga makanan tersebut tetap berada di perut Anda, tidak tercerna.

Hal ini dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman, seperti sakit perut dan mual, dan, tentu saja, lebih banyak gas dan kembung. "Intoleransi terhadap, katakanlah, gluten atau susu membentuk gula yang tidak tercerna yang difermentasi dan menghasilkan gas," kata Ganjhu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement