Selasa 16 Jan 2024 17:50 WIB

Sering Bersendawa Meski Sedang tidak Makan, Apa Penyebabnya?

Periksakan ke dokter jika sendawa berkelanjutan mengganggu keseharian Anda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memegang lehernya (ilustrasi). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencoba menghentikan sendawa.
Foto: www.freepik.com.
Perempuan memegang lehernya (ilustrasi). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencoba menghentikan sendawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bersendawa adalah hal yang wajar dan umum. Bahkan, bersendawa sampai empat kali setelah makan pun masih dianggap normal.

Dilansir Express, Selasa (16/1/2024), bersendawa disebabkan oleh menelan udara yang berlebih. Itu dapat terjadi jika Anda makan atau minum terlalu cepat, berbicara sambil makan, atau mengonsumsi minuman berkarbonasi.

Baca Juga

Namun, menurut ahli gastroenterologi, dr Ken Brown, jika bersendawa terus-menerus meski tidak makan, maka inilah saatnya untuk melakukan beberapa perubahan pada gaya hidup. Dokter Brown menjelaskan apa yang bisa menyebabkan orang bersendawa berlebihan dan bagaimana cara menghentikannya.

"Jika Anda sering bersendawa, coba pikirkan, jika itu benar-benar terjadi selama situasi stres, maka ada sesuatu yang disebut aerophagia, yang berarti Anda sebenarnya menelan sedikit udara," ujar dr Brown di TikTok atas nama jenama suplemen Atrantil.

Dokter Brown menyarankan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencoba menghentikan sendawa. Pertama, perhatikan baik-baik cara Anda bernapas. Coba fokus pada pernapasan melalui hidung dan lepaskan napas pelan-pelan.

"Ini akan menenangkan Anda. Ketika stres, sfingter esofagus bagian atas Anda dapat sedikit rileks dan Anda akan menelan udara tanpa menyadarinya," kata dr Brown.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement