Jumat 02 Jun 2023 15:55 WIB

Benarkah Beda Usia yang Jauh Membuat Hubungan Lebih Bahagia? Ini Hasil Risetnya

Penelitian menunjukkan bahwa pasangan dengan jarak puluhan tahun justru lebih bahagia

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pasangan beda usia Al Pacino (83 tahun) dan Noor Alfallah (29 tahun)
Foto: Mail Online
Pasangan beda usia Al Pacino (83 tahun) dan Noor Alfallah (29 tahun)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah selebritas Hollywood menjalin asmara dengan kesenjangan usia yang sangat jauh bersama pasangannya. Sebut saja Al Pacino dan Robert De Niro yang memiliki pasangan dengan usia terpaut jauh dari mereka.

Saat ini Al Pacino (83 tahun) dikabarkan akan menjadi ayah karena pasangannya Noor Alfallah (29 tahun) yang tengah hamil memasuki usia delapan bulan. Sementara De Niro (79 tahun), dan Tiffany Chen (45 tahun) menyambut bayi perempuan mereka bulan ini.

Baca Juga

Hal itu mungkin tidak disukai oleh sebagian kalangan, tetapi ada penelitian menunjukkan bahwa pasangan dengan jarak puluhan tahun justru lebih bahagia. Tim ilmuwan dari Deakin University Australia menemukan bahwa dari pasangan dengan jarak usia yang jauh kerap memiliki kepercayaan dan komitmen yang lebih besar dan kecemburuan lebih rendah daripada pasangan seumuran.

Lebih dari tiga per empat pasangan di mana wanita yang lebih muda berpasangan dengan pria lebih tua, melaporkan hubungan romantis yang memuaskan, menurut para peneliti. Pasangan dengan perbedaan usia cenderung melihat hubungan itu sebagai investasi yang baik. Wanita terbiasa mencari pasangan dengan kemapanan dan pria mencari yang bisa memberikan anak, menurut para ilmuwan.

Para peneliti juga mencatat bahwa pria cenderung lebih menghargai daya tarik dan vitalitas dibandingkan wanita. Hal ini karena pria menganggap ciri-ciri tersebut menunjukkan kesuburan, sudut pandang evolusi lainnya.

Ada stigma seputar pasangan beda usia, biasanya tidak bertahan lama. Tim di Deakin University telah menemukan bukti bahwa putus cinta tidak selalu terjadi, menurut siaran pers, dikutip dari Daily Mail, Jumat (2/6/2023).

Temuan ini bisa dilihat di antara pasangan terkenal lainnya dengan perbedaan usia yang sangat jauh, seperti George Clooney (62) dan Amal Clooney (45) yang telah bersama selama hampir satu dekade.

Catherine Zeta-Jones (53) dan Michael Douglas (78), telah menikah sejak tahun 2000 dan Calista Flockhart (58) dan Harrison Ford (80) telah menikah selama hampir 23 tahun.

Tetapi kisah bintang Titanic, Leonardo DiCaprio yang berkencan dengan wanita berusia 20 tahun lebih muda darinya, tidak seberuntung itu.

Sebuah sudi dari Emory University di Atlanta, Georgia, justru mengungkap temuan yang bertentangan. Tim dari Emory menemukan bahwa pasangan dengan perbedaan usia lima tahun, 18 persen lebih mungkin untuk berpisah daripada pasangan yang usianya lebih dekat.

Pada 2014, para peneliti di lembaga tersebut menganalisis 3.000 orang sebagai bagian dari studi mereka. Para ahli menyimpulkan bahwa semakin signifikan perbedaan usia antara pasangan, kian besar pula kemungkinan mereka berpisah.

Misalnya, pasangan 39 persen lebih mungkin berpisah jika mereka lahir dengan jarak 10 tahun. Peluang perpecahan kemudian melonjak hingga 95 persen pasangan dengan perbedaan usia 20 tahun.

Dengan demikian, para peneliti menemukan bahwa jarak usia 'ideal' antara pasangan adalah satu tahun atau kurang. Studi tersebut menyimpulkan bahwa kemungkinan perceraian turun menjadi hanya tiga persen untuk pasangan yang lahir dalam waktu 12 bulan atau kurang dari satu sama lain.

Kehidupan cinta Di Caprio biasanya menjadi berita utama, karena sang bintang kerap tidak berkencan dengan siapa pun yang berusia di atas 25 tahun. Dia berkencan dengan Camila Morrone pada tahun 2022, dan menjelang ulang tahunnya yang ke-26, banyak lelucon di media sosia tentang perpisahan mereka yang akan segera terjadi. Di Capri dan Morrone yang kemudian berpisah pada Agustus, menunjukkan bahwa penelitian Emory University, boleh jadi ada benarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement