Sabtu 30 Sep 2023 00:52 WIB

Bahagiakan Pasangan tak Harus Mahal, Mulai dari 6 Hal Simpel Ini

Hal yang mungkin tampak kecil, justru bisa berdampak besar pada hubungan pasangan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Pasangan suami istri (ilustrasi). Ada beberapa hal kecil yang bisa berdampak besar pada hubungan pasangan.
Foto: www.rawpixel.com
Pasangan suami istri (ilustrasi). Ada beberapa hal kecil yang bisa berdampak besar pada hubungan pasangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam menjalin hubungan yang sukses, tidak semua tindakan harus dilakukan dengan mewah. Menurut psikoterapis Kristina Virro, hal-hal tertentu mungkin tampak kecil, namun akumulasinya justru berdampak besar pada hubungan.

Virro mengatakan ada enam hal kecil yang bisa dilakukan untuk membuat suami/istri bahagia. Apa saja?

Baca Juga

1. Ciptakan momen yang sangat kecil dari koneksi

Dalam video Tiktok di akun @therapykristina, Virro mengatakan hal kecil pertama yang dilakukan pasangan bahagia adalah menciptakan momen sangat kecil dari koneksi. Seperti istilah sangat kecil, ini adalah contoh cepat yang memicu perasaan positif pada pasangan. 

“Ini bisa terlihat seperti saling memberikan ciuman selamat pagi atau saling berpelukan sebelum orang lain berangkat kerja,” kata Virro, dilansir Best Life, Jumat (29/9/2023). Meskipun tindakan ini mungkin tampak tidak penting, Anda secara aktif memutuskan untuk melakukannya, dan itu berarti Anda memikirkan orang lain. 

2. Tanyakan bagaimana hari masing-masing

Virro mengatakan, sangat mudah untuk lupa mengecek satu sama lain ketika Anda tenggelam dalam kehidupan. Jadi, berusaha secara sadar untuk menanyakan bagaimana hari mereka bisa sangat berarti. 

Contohnya, bisa berupa duduk untuk makan bersama dan mengikuti acara hari itu atau bahkan menelepon saat Anda terjebak kemacetan dalam perjalanan pulang. Jika Anda tidak tinggal bersama pasangan, ini adalah cara yang bagus untuk menyampaikan hal-hal yang mereka rindukan saat  tidak bersama. 

3. Jadi pendengar yang aktif

Menjadi pendengar yang aktif adalah hal berikutnya dalam daftar Virro. Itu sejalan dengan menanyakan pasangan Anda tentang hari mereka. Ketika mereka berbicara dengan Anda, Virro mengatakan, entah itu tentang sesuatu yang besar atau kecil, berikan perhatian penuh pada pasangan, ajukan pertanyaan dan jangan main HP saat mereka berbicara dengan Anda. Mendengarkan secara aktif juga mencakup mengakui perasaan mereka ketika suasana hati mereka sedang buruk atau menunjukkan minat yang tulus terhadap  apa yang mereka katakan. 

4. Saling memberi perhatian penuh kasih

Menurut Virro, pasangan bahagia saling memberikan perhatian penuh kasih dan sentuhan fisik di luar kamar. Dia mengatakan hal-hal seperti berpegangan tangan, menggaruk punggung, atau memainkan rambut adalah cara mudah untuk menunjukkan kasih sayang. 

Sentuhan fisik adalah bahasa cinta yang umum, bahkan sentuhan terkecil pun bisa terasa berdampak. Mereka juga dapat menyampaikan pesan bahwa pasangan Anda lebih tertarik kepada Anda secara keseluruhan, bukan hanya saat momen intim saja. 

5. Tunjukkan apresiasi

Virro mencatat, berterima kasih kepada pasangan untuk hal-hal seperti membongkar mesin pencuci piring atau menjemput anak-anak dari sekolah bisa sangat bermanfaat. Banyak orang mungkin menganggap hal-hal ini biasa saja, atau bahwa pasangannya tidak pantas mendapat perhatian khusus untuk hal-hal yang harus mereka lakukan secara rutin. Namun, mengungkapkan rasa terima kasih dan menunjukkan apresiasi lebih dari itu. 

Virro mengatakan, ini bukan tentang memberikan piala kepada pasangan Anda. “Ini hanya tentang menciptakan budaya yang penuh kasih dan baik hati di rumah,” ujarnya. 

6. Lakukan hal-hal yang bijaksana berdasarkan kemurahan hati

Melakukan hal-hal yang bijaksana untuk pasangan karena kemurahan hati jauh lebih berarti daripada melakukannya karena Anda merasa harus melakukannya. 

“Bawakan pasangan secangkir kopi di pagi hari, atau tinggalkan sedikit pesan cinta,” kata Virro. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement