Sabtu 27 May 2023 18:35 WIB

Scrolling Medsos Sebelum Tidur Ternyata Bikin Lemak Perut Bertambah, Kok Bisa?

Ada beberapa aktivitas malam bisa berpengaruh pada peningkatan lemak di area perut.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang hendak tidur (ilustrasi). Ada beberapa aktivitas malam bisa berpengaruh pada peningkatan lemak di area perut.
Foto:

4. Begadang untuk menonton film

Tentu saja, begadang untuk menonton film favorit bisa membuat Anda ketagihan, tapi menonton film atau acara TV secara berlebihan bisa mendorong keinginan untuk mencamil makanan yang tidak sehat di malam hari. Menurut penelitian, menonton TV secara streaming berkaitan dengan jumlah kalori yang lebih tinggi dan pola makan yang buruk.

5. Makan terlalu dekat dengan waktu tidur

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Idealnya, Anda harus makan makanan terakhir pada hari itu tiga jam atau lebih sebelum tidur.

“Jika ada makanan yang perlu dicerna di dalam usus, hal ini akan mengalihkan perhatian tubuh dari penyembuhan, karena tubuh berfokus untuk mencerna makanan. Saat Anda tidur, tubuh mencoba untuk menyimpan energi, memulihkan, dan memperbaiki, kalori-kalori tersebut tidak digunakan dengan baik dan bisa berakhir dengan nasib yang ditakuti, seperti lemak perut,” kata Tammy dan Lyssie.

Penelitian mengungkapkan, makan terlalu larut malam dapat mengacaukan ritme sirkadian, yang berdampak negatif pada regulasi gula darah dan metabolisme lemak. Selain itu, makan besar di waktu yang berdekatan dengan waktu tidur dapat memicu mulas dan gangguan pencernaan.

photo
Tingkatkan kebiasaan tidur. Gangguan kecemasan sering dikaitkan dengan pola tidur buruk. - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement