Jumat 26 May 2023 06:11 WIB

Fakta Suga BTS yang Konser 3 Hari di Indonesia: Sudah Nulis Lagu Sejak Usia 13 Tahun

Suga BTS akan menggelar konser di ICE BSD pada 26 hingga 28 Mei 2023.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Poster konser Suga BTS di ICE BSD Tangerang, Banten, Indonesia pada 26-28 Mei 2023. Suga telah menulis lagu sejak usia 13 tahun.
Foto: Instagram/iME Indonesia
Poster konser Suga BTS di ICE BSD Tangerang, Banten, Indonesia pada 26-28 Mei 2023. Suga telah menulis lagu sejak usia 13 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Member grup K-pop BTS, Suga, akan menggelar konser solo pertamanya di Indonesia. Konser yang bertajuk "Agust D Tour In Jakarta" akan berlangsung selama tiga hari 26-28 Mei 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang. Antusias para Army (sebutan penggemar BTS) sangat tinggi. Terlihat tiket konser sudah ludes hanya beberapa menit.

Sebelum menikmati konsernya, yuk simak perjalanan karier Suga hingga dia sukses seperti sekarang, dilansir dari berbagai sumber. Suga tertarik menjadi rapper setelah mendengar Ragga Muffin oleh Stony Skunk. Saat umurnya 13 tahun, dia mulai menulis lirik lagu dan mempelajari Musical Instrument Digital Interface (MIDI). Empat tahun kemudian dia mulai bekerja paruh waktu di studio rekaman.

Baca Juga

Keseriusannya dalam dunia musik semakin terlihat saat dia menjadi trainee di bawah agensi Big Hit Entertainment selama tiga tahun bersama J-Hope dan RM. Pada 2013, dia bersama enam anggota lain akhirnya debut. Meskipun dari agensi kecil, BTS semakin meningkat popularitasnya berkat Army yang selalu mendukung mereka.

Di tengah kesibukan grup, Suga juga menyempatkan waktu untuk karir solonya. Pada 15 Agustus 2016, dia merilis mixtape self-title gratis melalui SoundCloud. Dia memutuskan untuk tidak merilis proyek tersebut sebagai album studio komersial.

 

Dalam rekamannya itu, dia membahas perjuangannya melawan depresi dan fobia sosial. Pada tahun berikutnya, Suga menggubah lagu Wine untuk penyanyi Suran yang pernah bekerja sama dengannya. Di studio, Suran mendengar draft kasar dari Wine dan meminta Suga untuk lagu tersebut.

Pada 2 Desember 2017 lagu itu memenangkan penghargaan genre R&B Terbaik di Melon Music Awards. Atas karyanya itu Suga juga menerima Hot Trend Award. Pada Februari 2018, Suga membuat mixtape pertamanya untuk tersedia di platform unduh dan streaming digital.

Perjalanan karier Suga terus berlanjut pada tahun berikutnya. Tepatnya pada Januari 2019, Suga memberikan fitur rap di single Song Request milik Lee So-ra. Lagu tersebut ditulis bersama Tablo dari Epik High yang juga memproduseri lagu. Single ini debut di nomor tiga di Gaon Digital Chart dan nomor dua di tangga lagu Penjualan Lagu Digital Dunia Billboard, dengan 3.000 unduhan selama dua hari pertama.

Suga juga berkolaborasi dengan penyanyi papan atas seperti IU. Pada 6 Mei 2020, IU merilis single digital Eight yang Suga produksi. Lagu tersebut memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu Gaon Digital dan World Digital Song Sales.

Setelah itu, Suga merilis mixtape keduanya, D-2, bersama dengan video musik untuk singel utamanya Daechwita pada 22 Mei. Single ini mencapai nomor 76 di US Billboard Hot 100. Mixtape debut di nomor 11 di Billboard 200 dan menjadi album dengan charting tertinggi oleh solois Korea di AS pada saat itu.

Suga mengumumkan perilisan solo debutnya D-DAY pada 21 April lalu. Suga yang menulis dan memproduseri lagu merilis D-DAY dengan nama Agust D.

D-DAY menandai perilisan terakhir dari trilogi mixtape. Mixtape debut Suga, Agust D, hadir pada tahun 2016 dengan bantuan dari penulis-produser Slow Rabbit, June, Pdogg, dan Supreme Boi. Bintang BTS ini melanjutkannya dengan mixtape D-2 tahun 2020. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement