Kamis 25 May 2023 17:47 WIB

Deretan Lagu Terbaik Queen of Rock n Roll Tina Turner

Tina Turner yang dijuluki Queen of Rock n Roll meninggal dunia dalam usia 83 tahun.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Tina Turner saat konferensi pers peluncuran album Beyond di Erlenbach, Swiss, 14 Mei 2009 (dirilis ulang 24 Mei 2023). Turner meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada Rabu (24/5/2023). Rocker tersebut tutup usia di rumahnya di Kuesnacht, Swiss, setelah berjuang melawan penyakit kronis.
Foto:

"What’s Love Got To Do With It"

Sejak 1960-1976, Tina merintis karier musiknya dalam grup duo, yakni Ike & Tina Turner. Kerenggangan hubungan dan kecanduan narkoba Ike akhirnya membuat duo itu tamat. Tina pun memulai karier solo, merilis sejumlah album hingga 1979.

"What’s Love Got To Do With It" menjadi single pertamanya (versi AS) yang termuat di album comeback bertajuk Private Dancer yang rilis pada 1984. Lagu ini dinilai sukses mengembalikan Tina ke citra awalnya yang energik, bersemangat, dan penuh keceriaan. Berkat lagu ini, sejumlah kritikus juga menjulukinya sebagai diva pop, realisasi rock-meet-pop tahun '80-an.

"River Deep–Mountain High"

Cinta dalam lagu ini digambarkan sebagai sesuatu yang sangat besar, kedalaman dan tingginya seperti sungai dan gunung. Tina membawa penikmat musik dalam simfoni indah, mendemonstrasikan cara terbaik untuk berkolaborasi dengan produser musik dan pencipta lagu Phil Spector.

Suatu ketika, Spector menonton penampilan Ike & Tina Turner Revue dan terpikat dengan suara Tina. Spector ingin Tina membawakan lagu ciptaannya.

Ike setuju, tapi meminta rekaman itu tetap dengan kredit "Ike & Tina Turner". Single ini tidak cukup populer setelah dirilis di AS pada 1966, tetapi sukses di Eropa.

Setelah lagu kembali populer berkat di-cover oleh Eric Burdon and the Animals serta band Deep Purple pada 1968, versi aslinya dirilis ulang oleh A&M Records pada 1969. Deretan lagu Turner lainnya yang tak lekang oleh masa, yakni "Whole Lotta Love", "Let’s Stay Together", "Private Dancer", "I Don’t Wanna Fight", dan "We Don’t Need Another Hero".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement