Kamis 25 May 2023 09:07 WIB

Ratu Rock n Roll Tina Turner Meninggal Dunia

Salah satu lagu hit Tina Turner ialah What's Love Got to Do With It.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Tina Turner saat konferensi pers peluncuran album Beyond di Erlenbach, Swiss, 14 Mei 2009 (dirilis ulang 24 Mei 2023). Turner meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada Rabu (24/5/2023). Rocker tersebut tutup usia di rumahnya di Kuesnacht, Swiss, setelah berjuang melawan penyakit kronis.
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DELLA BELLA
Penyanyi Tina Turner saat konferensi pers peluncuran album Beyond di Erlenbach, Swiss, 14 Mei 2009 (dirilis ulang 24 Mei 2023). Turner meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada Rabu (24/5/2023). Rocker tersebut tutup usia di rumahnya di Kuesnacht, Swiss, setelah berjuang melawan penyakit kronis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda Ratu rock n roll, Tina Turner menutup usia di umur 83 tahun. Perempuan yang telah berkiprah selama enam dekade di industri musik ini meninggal setelah bergelut dengan penyakit kronis.

Kabar duka ini telah dikonfirmasi oleh perwakilan Turner kepada Telegraph. Menurut pihak perwakilan tersebut, Turner menghabiskan meninggal usia di rumahnya yang berlokasi di Kusnacht, Swiss.

Baca Juga

"Dengan kedukaan yang mendalam, kami mengumumkan kepergian Tina Turner," ungkap tim pengelola akun Instagram Turner, seperti dilansir Page Six, Kamis (25/5/2023).

Selama berkiprah di industri musik, Turner telah mengalami beragam rintangan pribadi hingga profesional yang serius. Akan tetapi, kendala tersebut tak menghalangi Turner untuk menghasilkan karya-karya besar yang banyak digemari hingga saat ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tina Turner (@tinaturner)

"Hari ini kita menyampaikan salam perpisahan kepada teman tersayang kita yang telah meninggalkan karya terbesarnya untuk kita, musiknya," kata tim Turner.

Turner pertama kali mendulang popularitas di era 1960-an sebagai bagian dari Ike and Tina Turner Revue. Duo yang Turner lakukan bersama sang suami ini kerap memuncaki tangga lagu dengan musik-musik mereka sampai Turner memutuskan untuk mundur.

Namun, kehidupan pribadi Turner tak berjalan semulus kariernya. Turner juga sempat terjerat dalam hubungan pernikahan yang penuh kekerasan.

Sang suami, Ike Turner, kerap mengontrol kehidupan Turner dengan sangat ketat. Turner pun sering kali menerima pukulan dan hinaan dari sang suami. Turner mengungkapkan bahwa dia harus selalu menuruti setiap perkataan Ike.

"Saya tidak mau memulai pertengkaran karena itu akan selalu berakhir dengan mata hitam, hidung patah, bibir pecah, dan juga rusuk patah," ungkap Turner.

Pada akhirnya, Turner berhasil melepaskan diri dari pernikahan abusive tersebut dan resmi bercerai dari Ike. Perceraian ini dilakukan setelah keduanya terlibat pertengkaran di Dallas dan Turner memutuskan untuk membela diri dan memberikan perlawanan.

Setelah perceraian, Ike dan Turner menjalani kehidupan tanpa kejelasan selama bertahun-tahun. Turner bahkan hanya memiliki uang sekitar 36 sen dan sebuah kartu kredit untuk pom bensin.

Kabar baiknya, Turner berhasil bangkit dari keterpurukan tersebut dan kembali ke industri musik secara dramatis di 1982. Kala itu, Turner merilis multiplatinum album berjudul Private Dancer. Album ini membuat Turner meraih empat Grammy Award.

Pada masa kejayaannya, Turner kerap menghasilkan lagu-lagu hits yang membuat popularitasnya kian meroket. Beberapa di antaranya adalah "What’s Love Got to Do With It" dan "Proud Mary". Turner pun sempat merambah dunia akting dan berperan sebagai Aunty Entity dalam film Mad Max Beyond Thunderdome.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement