Selasa 23 May 2023 15:45 WIB

Warna Tembok yang Bagus untuk Mood Penghuni Rumah, Bisa Jadi Rekomendasi

Beberapa pakar warna dan terapis merekomendasikan enam warna cat tembok ini.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Mengecat dinding (ilustrasi). Ada beberapa warna cat tembok yang membuat suasana hati atau mood menjadi lebih baik.
Foto: www.freepik.com
Mengecat dinding (ilustrasi). Ada beberapa warna cat tembok yang membuat suasana hati atau mood menjadi lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warna cat tembok bisa membawa pengaruh yang signifikan bagi suasana hati atau mood. Bila ingin merasakan suasana hati yang lebih baik di rumah, warna cat tembok apa yang sebaiknya dipilih?

Beberapa pakar warna dan terapis merekomendasikan enam warna cat tembok yang dapat menjadi mood booster di rumah. Berikut ini adalah keenam warna tersebut, seperti dilansir Best Life, Selasa (23/5/2023):

Baca Juga

1. Kuning creamy

Studi mengungkapkan, warna kuning bisa menstimulasi produksi neurotransmitter bernama serotonin. Peningkatan serotonin di bisa memunculkan rasa lebih tenang dan juga bahagia.

"Itulah alasan mengapa warna ini sering terlihat di dapur, ruang tamu, dan kantor," kata CEO Holistic Wisdom, Lisa Lawless.

Untuk cat tembok, pakar warna Amy Wax lebih merekomendasikan shade warna kuning yang creamy. Alasannya, selain dapat memunculkan rasa bahagia, kuning creamy juga dapat memunculkan perasaan yang lebih menenangkan dibandingkan warna kuning menyala.

2. Biru muda

Salah satu warna cat tembok yang populer adalah biru. Alasannya, biru kerap dikaitkan dengan warna alami dan langit, serta dapat memunculkan rasa tenang dan menyejukkan. Bahkan menurut studi, warna biru dapat membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Selain itu, warna biru kerap memunculkan rasa percaya. Oleh karena itu, warna biru pada tembok dapat memunculkan rasa tenang sekaligus keterbukaan.

Saat memilih warna biru, Wax merekomendasikan shade biru muda. Warna ini dapat memunculkan perasaan segar dan lapang. Namun bila kurang menyukai warna biru muda, kombinasi antara warna biru muda dan sedikit abu-abu bisa menghadirkan nuansa yang lebih mewah.

3. Oranye

Meski tak semua orang menyukai oranye, warna ini dapat menjadi mood booster yang instan. Oranye JUGA dikenal pula sebagai warna yang hangat dan memberikan energi. Oleh karena itu, warna oranye kerap menghadirkan optimisme.

"Warna ini kerap digunakan di dapur, ruang makan, ruang olahraga, dan studio kreatif untuk meningkatkan interaksi sosial dan produktivitas," kata Lawless.

Bila menginginkan warna yang lebih kalem untuk ruang tamu atau kamar tidur, Wax merekomendasikan shade oranye rusty. Warna ini memiliki tone alami yang bisa dipadukan dengan beragam warna alam lain.

4. Hijau earthy

Berada di tengah alam terbuka dapat memberikan manfaat yang baik bagi suasana hati dan kesehatan. Manfaat yang positif pun didapatkan melalui warna-warna alami seperti hijau.

Warna hijau dapat memberikan efek menenangkan dan memunculkan nuansa yang sehat serta muda. Psikolog Michele Goldman dari Hope for Depression Research Foundation mengungkapkan bahwa warna hijau juga menyegarkan, menstimulasi, serta menunjang konsentrasi.

Dalam hal cat tembok, Goldman lebih merekomendasikan shade warna hijau yang earthy. Beberapa contohnya adalah hijau sage dan hijau pir.

5. Blush pink

Nuansa warna blush pink yang lembut dapat memberikan sentuhan manis dalam ruangan. Selain itu, warna blush pink juga sama versatile-nya seperti warna off white, abu muda, atau beige.

Terkait suasana hati, warna blush pink kerap dikaitkan dengan harapan, pemberdayaan, serta motivasi. Warna pink yang pucat ini juga dapat memunculkan efek menenangkan.

6. Putih

Bukan tanpa alasan bila putih kerap dipilih sebagai warna cat tembok. Seperti diketahui, cahaya matahari dikenal dapat meningkatkan suasana hati. Warna yang dapat merefleksikan cahaya matahari paling baik adalah putih.

Dalam hal cat tembok, desainer interior Artem Kropovinsky merekomendasikan kombinasi warna putih dan abu muda. Kombinasi ini memancarkan keseimbangan, keteraturan, dan juga tampak elegan. Orang-orang yang menyukai keteraturan dan kerapian bisa mendapatkan rasa bahagia dari warna putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement