Selasa 23 May 2023 15:04 WIB

Salma Salsabil, Penyanyi Berhijab yang Jadi Juara Indonesian Idol 2023, Ini Profilnya

Sebelum mengikuti Indonesian Idol, Salma pernah mengikuti ajang Idola Cilik.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Salma Salsabila yang menjadi juara Indonesian Idol XII.
Foto: Instagram/@salmasalsabil12/@indonesianidolid
Salma Salsabila yang menjadi juara Indonesian Idol XII.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Salma Salsabil sempat menjadi trending di Twitter. Dia terpilih menjadi juara ajang pencarian bakat Indonesian Idol XII.

Penyanyi berhijab asal Probolinggo, Jawa Timur, itu mencuri perhatian dengan talentanya saat membawakan lagu “Just The Way You Are” dari Bruno Mars. Dilansir situs resmi Kota Probolinggo, probolinggokota.go.id pada Selasa (23/5/2023), penyandang gelar The Next Indonesian Idol itu memiliki nama lengkap Salma Salsabil ‘Aliyah Putri Mandaya. Salma lahir pada 12 Februari 2002, yang saat ini berumur 21 tahun.

Baca Juga

Salma merupakan mahasiswa jurusan Penyajian Musik di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Tak hanya memiliki suara yang indah, pemilik akun Instagram @salmasalsabil12 itu juga pandai memainkan alat musik gitar.

Penyanyi yang memiliki lebih dari 549 ribu pengikut itu pernah memukau penonton dan juri dengan membawakan lagu “C.I.N.T.A” The Bagindas saat tampil di panggung Spektakuler 8. Salma sendiri sering meng-cover lagu-lagu populer di kanal Youtube DOMINIC Music.

Sebelum mengikuti Indonesia Idol, Salma pernah mengikuti ajang pencarian bakat lain, seperti Idola Cilik (Season 4), The Voice Kids Season 1, Rising Star Indonesia Season 2, Sunsilk Hijab Hunt 2017, The Voice Indonesia Season 3. Setelah dinyatakan sebagai pemenang Indonesia Idol 2023, Salma merilis lagu kemenangan sekaligus singel perdananya bertajuk "Menghargai Kata Rindu" di bawah naungan label Universal Music Indonesia. Salma mendapat hadiah uang senilai Rp 150 juta sebagai Juara 1, yang diserahkan oleh Wakil Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Angela Tanoesoedibjo.

Penyanyi bergenre pop, jaz, dan R&B itu memenangkan Indonesia Idol setelah mengalahkan finalis lainnya, Nabila Taqiyyah. Nabila saat ini masih berusia 17 tahun. Peserta asal Aceh itu lahir pada 21 November 2005.

Nabila juga tampil luar biasa membawakan lagu "Here's Your Perfect" Jamie Miller. Sebagai runner-up, Nabila berhak mendapatkan hadiah uang senilai Rp 100 juta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement