Selasa 23 May 2023 14:13 WIB

Juara American Idol: Iam Tongi, Orang Kepulauan Pasifik Pertama yang Jadi Pemenang

Iam Tongi terpilih menjadi juara pertama American Idol 2023.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Iam Tongi yang menjadi juara pertama American Idol 2023.
Foto: Instagram/@americanidol/@wtongi
Iam Tongi yang menjadi juara pertama American Idol 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain Indonesian Idol, ajang pencarian bakat American Idol juga telah memiliki juaranya. Dia adalah penyanyi remaja yang penuh sensasi, Iam Tongi. Tongi adalah orang Kepulauan Pasifik pertama yang memenangkan kompetisi menyanyi di TV, salah satu acara paling populer di dunia tersebut.

Penampilan perdana remaja berusia 18 tahun ini membawakan lagu “Monsters” milik James Blunt yang membuat para juri, Lionel Richie dan Katy Perry, meneteskan air mata. Videonya tersebut sekaligus menjadi video American Idol yang paling banyak ditonton di Youtube.

Baca Juga

"Saya bernyanyi di samping pria yang memiliki suara terindah, di mana ia membawa hatinya saat bernyanyi. Saya merasa sangat beruntung bisa berada di atas panggung bersamanya," ujar Blunt setelah pertunjukan seperti dilansir laman NZ Herald, Selasa (23/5/2023).

Dia juga menyanyikan lagu “Making Memories of Us” dari Keith Urban, yang disambut dengan sorak-sorai penonton yang mengelu-elukan namanya, serta lagu barunya “I'll Be Seeing You”. "Setiap kali kamu tampil dan bernyanyi, vibra yang keluar dari mulutnya, menembus ke dalam hati para penonton," kata Perry.

Sementara itu, untuk posisi runner-up dimenangkan oleh Megan Danielle dan Colin Stough. Stough secara luas diunggulkan untuk menang, menyanyikan jenis musik country rock yang sama dengan para pemenang sebelumnya. Penonton tampak terkejut ketika ia menjadi yang pertama tersingkir dari babak final tiga besar.

“Terima kasih kepada semua yang memberikan voting. Aku mencintai kalian semua! Terima kasih banyak,” tulis Tongi di laman Instagram-nya.

Tongi berasal dari Kahuku, di pulau O'ahu di Hawaii, dan dilaporkan merupakan keturunan Tongan/Samoan dan Irlandia. Nama depannya yang sebenarnya adalah William. Ini adalah musim ke-21 dari American Idol, yang akan kembali lagi tahun depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement