Senin 15 May 2023 09:00 WIB

Bau Badan Khas Penderita Penyakit Hati, Gagal Ginjal, Diabetes, Obesitas

Waspadalah jika bau badan tercium seperti aroma buah atau telur busuk.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Pria mencium bau ketiaknya (ilustrasi). Waspadalah jika bau badan tercium seperti aroma buah atau telur busuk.
Foto: www.freepik.com.
Pria mencium bau ketiaknya (ilustrasi). Waspadalah jika bau badan tercium seperti aroma buah atau telur busuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan yang terkadang berbau sering kali dapat diatasi dengan mandi, menggunakan deodoran, dan menyemprotkan parfum ke tubuh. Namun, waspadalah jika bau badan tercium seperti aroma buah atau telur busuk.

"Anda berutang pada diri sendiri (dan orang-orang di sekitar Anda!) untuk mengidentifikasi penyebabnya secepat mungkin dan mendapatkan perawatan yang tepat," kata Giulia Guerrini, apoteker utama dari Digital Pharmacy Medino, dilansir The Sun, Senin (15/5/2023).

Baca Juga

Di samping itu, bau badan yang tidak sedap bisa menjadi pertanda beberapa hal. Berikut di antaranya:

Kelebihan berat badan

 

Dokter umum Sophie Newton mengatakan orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih cenderung memiliki bau badan yang buruk. Alasannya, mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas sering kali memiliki lipatan di kulitnya yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Diabetes

Dokter Newton menjelaskan, perubahan bau badan bisa menjadi tanda ketoasidosis terkait diabetes jika Anda menderita diabetes. Bau badan pengidap diabetes bisa beraroma "buah".

Ketoasidosis diabetik terjadi ketika ada kekurangan insulin yang parah dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang membantu tubuh menggunakan glukosa (gula) untuk energi.

Ketika tubuh mengalami ketoasidosis diabetik, tubuh tidak dapat menggunakan gula untuk energi, dan mulai menggunakan lemak. Kadar keton yang tinggi menyebabkan darah menjadi asam sehingga bau badan menjadi manis.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement