Sabtu 13 May 2023 06:21 WIB

Warganet Debat 'Merebahkan Kursi Pesawat Sopan atau tidak?', Ini Jawaban Terbanyak

Ada yang menganggap boleh merebahkan sandaran kursi pesawat, dan ada yang tidak.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Sandaran kursi pesawat (ilustrasi). Penggunaan sandaran kursi pesawat yang bisa direbahkan hingga kini masih menjadi kontroversial.
Foto: www.freepik.com
Sandaran kursi pesawat (ilustrasi). Penggunaan sandaran kursi pesawat yang bisa direbahkan hingga kini masih menjadi kontroversial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin Anda merasa kesal dengan penumpang pesawat yang suka merebahkan kursinya tanpa memperhatikan penumpang lain di belakangnya. Kini ada tips untuk mengatasi masalah ini.

Kiat yang tidak etis ini telah menjadi viral di Tiktok. Pengguna Tiktok anonim yang menggunakan nama @theLKshow dan tampaknya berasal dari London, menurut akun Etsy mereka, menyarankan orang-orang untuk mengarahkan kipas di atas kepala mereka yang merebahkan kursi. Ini sebagai cara untuk membuat penumpang menyesuaikan kembali ke tempat duduk mereka.

Baca Juga

Dilansir laman Fox News, Jumat (12/5/2023), dalam video enam detik, The LKshow menulis tentang strategi mereka dalam teks putih di layar. “Kiat yang tidak etis: ketika Anda sedang dalam penerbangan dan orang di depan Anda menyandarkan kursinya sepenuhnya serta tidak memberi Anda ruang. Nyalakan AC di atas Anda dengan kecepatan penuh dan arahkan ke atas kepala mereka,” tulis Lkshow yang diiringi lagu Blicky dari duo musik New Orleans Fresh x Reckless.

Saat dipublikasikan, video tersebut telah ditonton lebih dari 2,4 juta kali, mendapat 111.300 likes, 16.200 dibagikan, 5.200 disimpan, dan 2.900 komentar. “Perjalanan pesawat begitu lama ketika Anda mendapatkan salah satu dari orang-orang ini di depan Anda,” The LKshow memberi judul video bersama dengan emoji menguap dan tagar #plane, #reclinetheseat, dan #annoyingpassengers.

Video tersebut memicu kembali perdebatan kuno tentang apakah penumpang pesawat harus memiliki kursi yang dapat direbahkan? Seorang pengguna Tiktok yang komentarnya mendapat lebih dari 11.900 likes mengatakan bahwa ada dua jenis orang di dunia ini. Yakni, mereka yang berbaring dan tidak peduli, dan mereka yang tidak akan pernah berbaring.

“Kursi rebahan ada untuk direbahkan,” tulis pengguna lain.

“Dan ada kontra udara untuk AC,” komentator lain menyindir.

“Kursi itu tidak boleh direbahkan,” tulis seorang pengguna lain.

Beberapa komentator lainnya beralasan jika semua penumpang pesawat merebahkan kursinya, maka semua orang akan mendapat ruang yang sama. Yang lain berpendapat bahwa jarak berbaring sangat kecil dan tidak memberikan kenyamanan yang nyata, jadi penumpang harus memperhatikan orang yang duduk di belakang mereka.

“Saya membayar kursi yang bisa direbahkan,” bela seorang pengguna Tiktok.

“Saya membayar kursi dengan meja yang bisa digunakan,” bantah pengguna lain.

“Kamu berbaring mengambil mejaku yang bisa digunakan,” jawab lainnya.

Orang-orang yang mendukung sandaran kursi sejumlah alasan mengapa mereka membutuhkan ruang, termasuk ketinggian tinggi, kondisi punggung, dan sakit leher, tetapi tidak semua mendapat simpati. Mereka yang kontra dengan hal tersebut juga menyebutkan alasan mengapa mereka membenci kursi bersandar, termasuk sakit lutut karena duduk yang tidak nyaman, menonton film yang terganggu, kecelakaan terkait makan atau minum, dan tidak memiliki cukup ruang untuk bekerja di laptop atau tablet.

Sisi lain, sebuah survei perjalanan yang diterbitkan oleh The Vacationer (outlet berita perjalanan berbasis di New Jersey yang menawarkan ulasan, panduan, dan tips) menemukan bahwa 77,32 persen orang dewasa Amerika (lebih dari 199 juta) menganggap tidak sopan untuk merebahkan kursi pesawat sepenuhnya. Namun, 31,33 persen orang dewasa Amerika masih memilih untuk berbaring meskipun menurut mereka itu tidak sopan, klaim survei tersebut.

Sekitar 27,87 persen orang dewasa Amerika mengatakan, mereka dengan sopan bertanya kepada penumpang yang duduk di belakang mereka apakah boleh mereka merebahkan kursinya. Sekitar 45,99 persen orang dewasa Amerika mengatakan bahwa mereka menghindari merebahkan kursi karena menurut mereka itu tidak sopan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement