Kamis 11 May 2023 16:37 WIB

Sulit Tidur di Pesawat? Lakukan Cara Ini, Diklaim Manjur Bikin Nyenyak

Tidak semua penumpang dapat tidur di pesawat dengan nyenyak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tidur di pesawat (ilustrasi). Ada beberapa cara agar Anda bisa tidur di pesawat dengan nyenyak.
Foto: Republika.co.id
Tidur di pesawat (ilustrasi). Ada beberapa cara agar Anda bisa tidur di pesawat dengan nyenyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua penumpang pesawat bisa tidur nyenyak di pesawat. Jangan khawatir, sebab ada beberapa cara agar Anda yang sulit tidur di pesawat dapat menikmatinya juga.

Pakar tidur dan CEO aplikasi pelacak tidur Rise Science, jeff Kahn, mengatakan, semakin sedikit Anda kurang tidur (pada hari sebelum terbang), maka semakin besar peluang Anda untuk mengatasi kurang tidur di pesawat. Selain itu, Anda juga bisa dengan cepat beradaptasi dengan zona waktu baru tempat tujuan.

Baca Juga

Berikut tips agar Anda bisa tidur di pesawat dilansir laman CN Traveler, Kamis (11/5/2023):

1. Siapkan perlengkapan tidur

Pelatih ilmu tidur bersertifikat, Alex Savy, menyarankan untuk mengemas perlengkapan tidur seperti penutup telinga atau headphone peredam bising. Anda juga bisa menyiapkan masker mata.

"Sangat penting untuk membatasi rangsangan di pesawat karena dapat dengan mudah mengganggu tidur," kata dia. Selain itu, Anda juga bisa mengemas sebotol kecil minyak esensial lavender untuk dioleskan ke pelipis sebelum mencoba tertidur. 

2. Perhatikan apa yang Anda minum

Anda mungkin tergoda untuk mengonsumsi kafein untuk menghabiskan waktu saat berada di udara, tetapi menghindari godaan ini membantu Anda tetap terhidrasi dan membuat jauh lebih mudah tertidur saat lampu padam.

Lebih baik minum teh herbal untuk mendapatkan efek menenangkan dan tidur lebih nyenyak di pesawat. "Dehidrasi kapan saja bisa membuat Anda merasa lelah, memengaruhi suasana hati, dan menyebabkan sakit kepala. Bahkan dapat mempersulit untuk mendapatkan tidur yang cukup," ujar Kahn.

Saat bepergian, dehidrasi dapat membuat gejala jet lag terasa lebih buruk, dan penerbangan panjang itu sendiri sangat membuat dehidrasi. Minumlah banyak air selama penerbangan. Begitu Anda tiba, pastikan untuk tetap terhidrasi di sana juga.

"Ini juga akan mengurangi kelelahan terkait dehidrasi," kata dia.

3. Jangan takut untuk merasa nyaman

Sangat penting untuk berpakaian dengan nyaman dalam penerbangan panjang. Anda tidak perlu merasa bersalah karena bersandar pada kenyamanan saat terbang, selama Anda tidak mengganggu teman duduk dan mengikuti tata krama umum.

Lepas sepatu dan kenakan sepasang kaus kaki kompresi hangat. Anda juga dapat memakai sepasang sandal perjalanan yang dapat dilipat setelah lepas landas. Ini akan mengurangi tekanan pada kaki dan "mengelabui" tubuh untuk berpikir bahwa Anda sedang bersantai di rumah daripada dalam penerbangan dengan ratusan orang asing.

Meluangkan waktu untuk bersiap-siap untuk tidur dengan berganti pakaian yang nyaman juga akan membantu Anda untuk tidur. Jika Anda memutuskan untuk menutup mata, Kahn mengatakan untuk mencoba dan mengoptimalkan lingkungan tidur Anda menjadi sejuk, gelap, dan tenang.

4. Booking tempat duduk sebelumnya

Memilih kursi yang tepat memainkan peran besar dalam tidur di pesawat. "Saya menyarankan untuk mendapatkan kursi dekat jendela jika memungkinkan, karena menawarkan sesuatu untuk bersandar saat tidur,” ujar Savy. Namun kursi ini tidak ideal untuk orang yang biasanya sering ke kamar mandi dan tidak merasa nyaman mengganggu tetangganya.

5. Jangan lupakan bantal perjalanan

Bantal perjalanan bisa terasa sedikit norak untuk dibawa-bawa saat bepergian, tetapi bantal yang tepat membuat perbedaan besar dalam hal kualitas tidur. Bantal ini emastikan leher dan punggung tidak mengganggu Anda saat tiba.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement