Jumat 28 Apr 2023 05:45 WIB

Cuaca Lagi Panas-panasnya, Pakai Tabir Surya 30 Menit Sebelum Berangkat

Tabir surya dapat melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari.

Warga beraktivitas saat cuaca terik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (24/4/2023). Selain memakai tabir surya, gunakan pelindung standar seperti payung atau topi, dan juga pakaian lengan panjang saat keluar rumah.
Foto:

Perlindungan dari dalam

Sunscreen memang bisa melindungi kulit dari efek jangka pendek dari paparan sinar matahari, seperti kemerahan dan gosong. Di samping itu, efek jangka panjang yang dapat ditimbulkan dari paparan sinar matahari yang ekstrem juga perlu dicegah, yakni dengan mengonsumsi vitamin E.

"Jangka panjangnya itu bisa penuaan dini dan kanker kulit, yang termasuk efek sinar matahari sebagai radikal bebas, sehingga dapat merusak sel-sel dalam tubuh karena tidak bisa regenerasi dengan baik, jadi kolagen dalam kulit bisa rusak, sehingga jadi keriput dan tipis," ujar Darma.

photo
Tips hadapi cuaca panas tak biasa. - (Republika)

Untuk itu, Darma menyarankan perlindungan dari dalam tubuh yang bisa membantu menangkal radikal bebas, yakni dengan antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan makanan sehat yang mengandung vitamin E. Kandungan antioksidan itu terdapat pada buah-buahan misalnya tomat, sementara vitamin E ada pada makanan sehat atau bisa juga konsumsi vitamin E oral yang antioksidannya tinggi.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan dinamika atmosfer yang tidak biasa menjadi salah satu penyebab Indonesia mengalami suhu panas dalam beberapa hari terakhir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement