Senin 24 Apr 2023 19:58 WIB

Apakah Bayi Butuh Tempat Duduk Sendiri Saat Naik Pesawat Terbang?

Tunggu setidaknya sampai bayi berusia tiga bulan sebelum bepergian naik pesawat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kabin pesawat (Ilustrasi). Sebagian besar penerbangan jarak jauh menawarkan tempat tidur bayi yang dipasang di dinding sekat kabin.
Foto:

Dalam kasus tidak ada fasilitas tempat tidur bayi di penerbangan, kunjungi situs seperti Seatguru dan cari tahu kursi mana yang paling cocok untuk dipilih. Untuk orang tua yang membawa bayi, tempat duduk terbaik adalah di bagian belakang pesawat dan di dekat dapur.

Alasannya, ada kemungkinan lebih banyak ruang di bagian belakang pesawat untuk bangun dan berjalan-jalan jika bayi perlu ditenangkan. Berada di belakang pesawat dekat toilet juga jadi pilihan bagus jika orang tua perlu mengganti popok bayi yang kotor.

Orang tua cenderung memiliki lebih banyak privasi di bagian belakang pesawat, sehingga saat bayi mulai menangis, itu tidak akan mengganggu banyak penumpang. Troli makanan dan minuman juga selalu melewati kursi belakang terlebih dahulu, sehingga tidak perlu menunggu jika terjadi keadaan darurat di toilet.

Selain itu, sebagian besar penumpang lebih suka duduk di bagian depan pesawat agar bisa turun lebih cepat. Artinya, penumpang keluarga yang membawa bayi memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan kursi kosong yang bersebelahan di bagian belakang pesawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement